Medan Longsor Sulit, Evakuasi Korban Belum Bisa Dilakukan

Nganjuk, Koranmemo.comBadan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Nganjuk belum bisa memulai evakuasi lima korban yang tertimbun longsor. Luasnya lokasi longsor yang berada di dasar jurang sedalam 1 kilometer sehingga menyulitkan pergerakan peralatan berat untuk pencarian.

Dalam rapat koordinasi evakuasi korban longsor yang dilakukan Bupati Nganjuk Taufiqurrahman, Kepala Kepolisian Resor Nganjuk Ajun Komisaris Besar Joko Sardono dan Kepala BPBD Nganjuk Soekonjono, diputuskan tim akan mempelajari dulu situasi sebelum memulai evakuasi. Pihaknya akan lakukan mitigasi menggunakan drone dahulu. 

Agus Irianto, Kepala Humas Kabupaten Nganjuk mengatakan, lokasi longsor sangat luas, mencapai 9 hektare. Longsoran ini juga terjadi di dasar jurang sedalam 1 kilometer yang merupakan aliran sungai. Kondisi tersebut tidak memungkinkan masuknya peralatan berat ke bawah karena medan yang sangat sulit. 

“Cara yang dapat dilakukan saat ini yakni melakukan evakuasi manual menggunakan sumber daya manusia dan peralatan seadanya. Akan tetapi, dengan luas longsor yang mencapai 9 hektare, upaya ini akan cukup berat. Selain itu, ancaman longsor susulan ke dasar jurang turut menjadi ancaman bagi petugas saat melakukan evakuasi nantinya,” ujarnya.

Ditambahkan, penggunaan drone adalah satu-satunya cara untuk mengetahui kondisi di puncak tebing. “Selain dapat  mengetahui potensi terjadinya longsor susulan, kamera drone bisa memotret penyebab longsor yang terjadi di tengah tingginya intensitas hujan di kawasan Gunung Wilis tersebut,” paparnya.

Sementara itu, Soekonjono, Kepala BPBD Kabupaten Nganjuk menungkapkan, tim BPBD harus memikirkan penumpukan material longsor yang menimpa seluruh ruas sungai. Tumpukan material tanah ini menyumbat aliran sungai sehingga membentuk bendungan alam. “Bisa terjadi banjir bandang ke bawah kalau sewaktu-waktu ambrol,” ungkapnya.
Reporter : Yudha Kriswanto
Editor : Achmad Saichu
Follow Untuk Berita Up to Date

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.