Mbah Bejo, Pelopor Kerajinan Papan dan Bidak Catur di Kota Blitar

Blitar, koranmemo.com – Ternyata usia tidaklah menghalangi seseorang untuk terus berkarya. Buktinya, baru-baru ini, Mbah Bejo di Lingkungan Santren, Kelurahan Tanggung Kecamatan Kepanjen Kidul, Kota Blitar, tetap menekuni usaha pembuatan papan dan bidak catur meski usianya sudah 73 tahun.

Padahal, pembuatan papan dan buah catur membutuhkan keahlian khusus. Paling tidak, seorang perajinnya harus membubut atau mengukir kayu. Tentu saja, keahlian ini membutuhkan keuletan dari perajinnya. Mungkin, hal inilah yang membuat para perajin di dusun tersebut kurang meminati usaha tersebut.

Hingga saat ini, hanya ada lima perajin catur yang masih menjalankan kerajinannya. Seorang di antaranya adalah Mbah Bejo. Bahkan, dia telah menekuni usahanya sejak 1948. Memang, bisa dikatakan Mbah Bejo adalah pelopor dalam pembuatan papan dan buah catur di Blitar. Karena itu, tak aneh, bila dia tak ingin berpaling dari usahanya. Padahal, seluruh jerih payahnya hanya cukup untuk menghidupi keluarganya.

Memang, lelaki lanjut tersebut patut mendapat ajungan jempol. Bayangkan, dalam usia 73 tahun dia tetap setia menjalankan usahanya dengan dibantu anak dan cucunya. Bahkan, ketekunan Mbah Bejo membuahkan hasil saat dia diminta membuat papan dan bidak catur untuk Pekan Olah Raga Nasional pada tahun 1993.

Tak hanya itu, ternyata Mbah Bejo pernah menolak tawaran kredit lunak tanpa agunan dari beberapa bank nasional di Blitar. Alasan dia, modal yang dimilikinya masih cukup untuk menjalankan usahanya.

Seiring perjalanan waktu, rezeki terus melimpah kepadanya. Buktinya, permintaan pembuatan catur terus mengalir ke Mbah Bejo. Itulah sebabnya, dia harus membatasi pesanan yang datang. Soalnya, keterbatasan tenaga kerja dan berkurangnya kemampuan Mbah Bejo dalam mengatur usahanya menjadi kendala tersendiri. Betapa tidak, setiap hari tak kurang dari 150 pesanan mengalir kepadanya. Sementara yang mampu dikerjakan hanya 100 pesanan.

Reporter: Arief Juli Prabowo

Editor: Achmad Saichu

Follow Untuk Berita Up to Date