Mas Abu: Investasi Terbaik Adalah Bidang Sumberdaya Manusia

Kediri, koranmemo.com – Untuk membangun sebuah wilayah, hal yang paling utama adalah bagaimana caranya meningkatkan kemandirian penduduknya.  Caranya dengan mengembangkan sumberdaya manusia (SDM). Karena dengan meningkatnya SDM di sebuah wilayah akan diiringi dengan pertumbuhan berbagai sektor yang digerakkan sumberdaya individu maupun kelompok. Dan ini menjadi fokus Pemerintah Kota (Pemkot) Kediri sampai beberapa tahun ke depan.

Wali Kota Kediri,  Abdullah Abu Bakar, setelah mendapatkan Penghargaan Predikat Terbaik II kategori kerjasama pengunaan data Badan Pusat Statistik (BPS)untuk pembangunan mengungkapkan, peningkatan SDM merupakan pembangunan jangka panjang yang menguntungkan bagi daerah.

Mas Abu,  sapaan akrab Wali Kota Kediri menambhakan,  dengan adanya kebijakan-kebijakan tersebut maka angka harapan hidup di Kota Kediri akan semakin tinggi, angka kematian ibu dan bayi rendah dan rata-rata lama sekolah tinggi. “Nah itu semua yang akan kita kejar kedepannya. Banyak juga orang berbicara bahwa investasi terbaik adalah di bidang sumber daya manusia. Nantinya di Kota Kediri sumber daya manusianya juga akan semakin baik,” pungkasnya.

Maka dari itu, perlu sebuah kerjasama antara berbagi instansi atau pemangku kepentingan untuk menjalankan pembangunan. Sebab di setiap daerah pasti memiliki karakteristik yang berbeda-beda.

Agar tepat sasaran dalam menjalankan pemerintahanya, Wali Kota Kediri membutuhkan data yang menjadi kompnen pertumbuhan Indeks Pembangunan Manusia (IPM) agat bisa melakukan tindakan yang tept.  Misal, fokus pada pendidikan dan  kesehatan, sehingga lebih tepat sasaran.

“Itulah yang dilakukan oleh Pemkot Kediri sehingga kemiskinan di Kota Kediri berada dibawah nasional dan IPM 77,13 persen di Kota Kediri jauh diatas nasional. Nah ini karena kita intervensi dalam bentuk kebijakan,” tutupnya.(adv/pemkotkediri)

Reporter : Dhita Septiadarma

Editor : Della Cahaya

Follow Untuk Berita Up to Date