Marak Anjal dan Pengemis, Dinsos Gencar Lakukan Razia

Malang, koranmemo.com – Dinas Sosial (Dinsos) Kota Malang, selama  bulan Ramadan hingga menjelang lebaran, gencar melakukan razia anak jalanan (anjal) dan pengemis. Biasanya para anjal dan pengemis diprediksi akan meningkat menjelang lebaran tiba.

Pipih Triastuti, Sekretaris Dinsos Kota Malang mengungkapkan, selama Ramadan dan menjelang lebaran, banyak anak jalanan dan pengemis musiman yang menyerbu Kota Malang. Kebanyakan, anak jalanan atau pengemis tersebut justru berasal dari luar Kota Malang. Karena itu, selama Ramadan dan menjelang lebaran, Dinsos Kota Malang selalu gencar melakukan operasi atau razia anak jalanan dan pengemis.

“Hingga sampai saat ini sudah empat kali razia anjal dan pengemis dilakukan di beberapa titik Kota Malang,” ungkapnya.

Pihaknya memprediksi membludaknya pengemis atau anak jalanan di Kota Malang terjadi pada H-7 lebaran mendatang. Saat ini terjadi peningkatan sekitar 20 persen dan razia selanjutnya akan segera dilakukan. Untuk sasaran razia, titik-titik yang biasa dijadikan lahan untuk mengemis seperti Jalan Soekarno Hatta, Jalan Letjen Sutoyo, Jalan Veteran, Jalan Sarangan, kawasan Alun-alun Kota Malang, kawasan Blimbing sampai Arjosari. “Ini sesuai surat edaran Gubernur, bahwa Jawa Timur harus bersih dari gepeng dan anak jalanan,” ujarnya.

Setelah terjaring, nantinya mereka akan dilakukan pendataan terlebih dahulu. Apabila mereka berasal dari luar kota, maka akan diserahkan ke dinsos di mana mereka berasal. Sedangkan yang berasal dari Kota Malang, akan dilakukan pendampingan. “Saat ini kami juga sudah mempunyai tempat penampungan binaan dinas sosial, selain bekerjasama dengan provinsi,” paparnya.

Reporter : Yudha Kriswanto

Editor : Della Cahaya

Follow Untuk Berita Up to Date