Makanan Untuk Mengeluarkan Batu Empedu, Apa Saja?

Koranmemo.com – Sampai saat ini penyakit batu empedu masih menjadi salah satu penyakit berbahaya yang kerap menyerang wanita atau seseorang yang sudah berusia di atas 60 tahun.  Kendati demikian, jenis penyakit ini rupanya juga cukup susah  dihindari melihat banyaknya orang yang masih saja terkena penyakit ini.  Agar tidak menjadi salah satunya, maka  baca terus artikel di bawah ini.  Artikel ini akan menjelaskan apa itu batu empedu, apa penyebabnya, bagaimana gejalanya, dan tentu saja bagaimana cara menyembuhkannya.  Terutama dengan cara alami, memanfaatkan makanan untuk mengeluarkan batu empedu.

 

Apakah Sebenarnya Batu Empedu?

Batu empedu adalah keadaan yang  terjadi karena cairan empedu yang dikeluarkan oleh hati untuk mencerna lemak tiba-tiba mengeras.  Batu empedu kemudian terbentuk dikarenakan kantong empedu atau saluran empedu Anda tersumbat.  Perlu diketahui, kantung empedu adalah salah satu oragan pencernaan berbentuk buah pir yang berada di bawah hati.

Ukuran batu empedu ternyata tidak sama alias bervariasi, mulai dari sebesar butiran pasir sampai sebesar bola golf.  Seseorang yang terkena batu empedu akan merasakan nyeri dan efeknya akan sangat berbahaya bagi tubuh.

Di dunia kedokteran, ada dua jenis batu empedu, yakni batu kolestrol yang berwarna kuning dan mengandung kolestrol yang tidak dapat dicerna dan batu pigmen berwarna tua dan hitam, serta mengangung bilirubin yang berlebihan.  Dari dua jenis batu empedu tersebut, batu kolestrol adalah yang paling sering terjadi.

Seperti yang disebutkan di atas, batu memang kerap terjadi, terutama pada orang tua, orang dengan berat berlebih dan wanita.  Mengapa wanita?  Karena wanita mengeluarkan hormon estrogen yang bisa memicu pengerasan pada cairan empedu.

 

Bagaimana Gejala Seseorang yang Terkena Batu Empedu?

Saat masih berukuran kecil, mayoritas penderita batu empedu tidak akan menunjukkan gejala-gejala sakit yang khas.  Namun ketika ukuran batu empedu mulai cukup besar, gejala-gejala khusus mulai muncul, seperti :

–          Nyeri pada perut bagian atas yang terjadi secara terus menerus

–          Nyeri pada perut bagian tengah, tepat di bawah tulang dada yang juga terjadi secara terus menerus

–          Nyeri punggung di antara tulang bahu

–          Tubuh atau mata menjadi bewarna kuning

–          Terserang demam

–          BAB dempul

–          Mual dan muntah

Dari gejala-gejala yang telah disebutkan di atas apabila setidaknya ada 3 gejala yang sudah terjadi, terutama nyeri perut terus menerus, demam dan badan atau mata bewarna kuning, segera lakukan upaya penyembuhan sebelum terlambat.

Apakah Penyebab Batu Empedu?

Meski dunia kedokteran semakin canggih, namun banyak penyakit yang masih belum diketahui secara pasti apa penyebabnya.  Salah satunya adalah batu empedu ini. Namun untuk berjaga-jaga para dokter telah merumuskan beberapa faktor yang menyebabkan batu empedu, antara lain :

–          Kolestrol yang berlebihan.  Seharusnya, cairan empedu yang tersimpan dalam kantong empedu cukup untuk memecah kolestrol atau lemak yang keluar dari hati.  Namun apa yang terjadi jika jumlah kolestrol lebih banyak dari cairan empedu?  Kolestrol tersebut akan mengkristal dan akhirnya berubah menjadi batu empedu. Inilah faktor yang paling sering terjadi pada manusia.

–          Cairan empedu dalam kantung empedu mengandung bilirubin yang berlebihan.  Apa itu bilirubin?  Bilirubin adalah kandungan hasil pemecahan sel darah merah.  Ada beberapa penyakit yang  membuat hari memproduksi lebih banyak biliburin, seperti penyakit sirosis dan infeksi bilier.

–          Masih ada cairan empedu yang tersisa dalam kantung empedu.  Hal ini menyebabkan cairan menjadi mengeras, sehingga membentuk batu empedu.

Selain tiga hal yang  disebutkan di atas, beberapa hal di bawah ini juga bisa meningkatkan risiko seseorang terserang batu empedu :

–          Sudah berusia lebih dari 60 tahun

–          Hamil

–          Berat badan berlebih

–          Keluarga ada yang pernah menderita batu empedu

–          Sering mengkonsumsi makanan tinggi lemak, tinggi kolestrol dan rendah serat

–          Menderita penyakit lain seperti sirosis, infeksi hati atau diabetes

–          Mengkonsumsi obat yang mengandung estrogen.

Bagaimana Cara Menyembuhkan Batu Empedu Secara Alami?

Jawabannya tentu saja adalah makanan untuk mengeluarkan batu empedu.  Ada beberapa jenis makanan, terutama yang mengandung banyak serat, yang ternyata ampuh untuk mengelurakan batu empedu dari dalam tubuh seseorang.

–          Makanan untuk mengeluarkan batu empedu yang pertama adalah daun keladi atau tikus.  Jenis tanaman ini adalah tanaman obat tradisional.  Untuk mengkonsumsinya, Anda bisa merebus beberapa lembar daun keladi.  Kemudian air rebusannya bisa Anda konsumsi setiap hari agar bisa  segera mengeluarkan batu empedu tersebut.

–          Makanan untuk mengeluarkan batu empedu yang kedua adalah daun sirsak.  Sama seperti daun keladi, daun sirsak ini sebaiknya direbus dan air rebusannya bisa diseduh seperti ketika minum teh.  Perlu diketahui, duaun sirsak ini sudah sangat dipercaya untuk menyembuhkan batu empedu sejak berabad-abad yang lalu.

–          Makanan untuk mengeluarkan batu empedu yang ketiga adalah apel, terutama apel hijau.  Meskipun semua jenis apel sebenarnya bisa, namun yang  memberikaan efek terbaik adalah apel hijau.  Untuk mengkonsumsinya, Anda bisa menjadikannya jus atau dimakan langsung secara rutin.

–        Makanan untuk mengeluarkan batu empedu yang keempat adalah temulawak.  Temulawak rupanya tidak hanya bagus untuk menambah nafsu makan anak saja, namun minyak atsirin yang terkandung di dalamnya juga sangat berperan untuk mengatasi penyakit batu empedu.  Senyawa aktif di dalam temulawak, yakni kurkumin bisa membantu mengeluarkan batu empedu dengan cepat.

–       Makanan untuk mengeluarkan batu empedu yang kelima adalah minyak zaitun yang dicampur dengan lemon.  Anda bisa mencampurkan sekitar 20 ml minyak zaitun dengan setengah iris lemon ke dalam satu gelas air putih, lalu minum secara rutin.  Atau resep lain yang bisa Anda ikuti adalah ditambah dengan kacang merah yang ditumbuk halus.

Editor: Della Cahaya

Follow Untuk Berita Up to Date