Main Pukul dan Merusak HP LSM,  Perangkat Desa Dilaporkan Polisi

Share this :

Blitar, koranmemo.com– Ketua Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) Indonesia Justice Soecity (IJS) , Mahbuba SH ,resmi mengadukan kasus penganiayaan yang diduga dilakukan perangkat desa dan sejumlah warga Desa Jati Kecamatan Udanawu Kabupaten Blitar terhadap salah seorang anggotanya, kepada pihak Kepolisian Resor (Polres) Blitar Kota, Kamis (7/12) pukul 18.00 WIB.

Mahbuba SH yang didampingi oleh beberapa pengacara  ini, melaporkan dugaan penganiayaan serta pengrusakan telepon genggam milik anggotanya yang terjadi, Senin (4/12) saat berada di rumah Kepala Desa Jati Kecamatan Udanawu ke Sentra Pelayanan Kepolisian Terpadu (SPKT) Polres Blitar Kota.

Seperti yang disampaikan pihak LSM  Diantaranya Saiful Iskak,Widodo Sribakti, Nur Angga Gunawan,Markus Heru Susilo menjadi korban pemukulan dan perusakan barang milik 4 anggota LSM IJS saat menanyakan masalah transparasi pemilihan perangkat desa di Desa Jati Kecamatan Udanawu.

” Anggota saya dipukul sejumlah warga dan oknum perangkat dan telepon seluler dirusak, itu yang membuat saya tidak terima, ” imbuhnya.

Selain itu pengacara IJS yakni Agung Hadiono SH menambahkan, kliennya tidak terima dengan apa yang dilakukan oknum perangkat setempat.  ” Kami membuat pengaduan dulu ke pihak kepolisian, karena selain tindakan pemukulan dan perusakan telepon seluler kuat dugaan ada pengerahan massa yang dilakukan perangkat desa hingga terjadi peristiwa ini, ” ungkapnya.

Selain itu dirinya menjelaskan, kejadian ini bermula saat LSM IJS ini datang ke Kantor Desa Jati Kecamatan Udanawu Kabupaten Blitar, untuk mengklarifikasi dan meminta keterangan terhadap informasi terkait adanya praktik KKN saat pemilihan perangkat desa setempat.

“Anehnya, saat klien kami datang malah tiba-tiba massa datang dan mengepung klien kami, apalagi tidak berkata apapun malah telepon seluler dirusak dan ada salah satu klien dipukul oleh  perangkat desa,” imbuhnya.

Pihaknya berharap pihak kepolisian bisa menerima pengaduan tersebut dan segera ditindaklanjuti sebelum melaporkan secara resmi. Karena tambahnya, perlu diketahui jika permasalahan ini bukan permasalahan individual namun melainkan permasalahan lembaga IJS yang dalam fungsinya sebagai penyeimbang komunikasi terhadap pemerintah dan masyarakat  serta sebagai kontrol sosial.

Reporter: Arif Juli Prabowo

Editor: Achmad Saichu

 

Facebook Comments
Follow Us

Leave a Reply

Be the First to Comment!

Notify of
avatar
wpDiscuz