Mahasiswa IAIN Tuntut Transparansi Dana UKT

Tulungagung, koranmemo.com – Mahasiswa IAIN Tulungagung, Kamis (6/9) pagi melakukan aksi unjuk rasa di depan gedung rektorat. Mereka menuntut adanya transparansi terhadap dana uang kuliah tunggal (UKT).

Aksi yang dilakukan oleh kelompok belajar mahasiswa (KBM), dimulai pukul 08.00 WIB tersebut dimulai dari depan gedung unit kegiatan mahasiswa (UKM). Dengan melakukan longmarc menuju ke depan gedung kantor rektor IAIN. Aksi tersebut ditemui langsung oleh Rektor Dr H M Maftukin Rasmani M.Ag.

Syamsu koordinator aksi mengatakan, aksi ini guna menuntut adanya transparasi dana UKT. Melihat sistemnya jika sudah ada dana pokok UKT, maka mahasiswa itu tidak perlu adanya pungutan lagi. Namun, kenyataannya di kampus masih ada pungutan kembali.

“Seperti halnya adanya pungutan -pungutan yang sifatnya itu di luar non akademik. Contoh kecil yaitu penggandaan skripsi, ligalisir, pengambilan ijazah dan masih banyak lagi,” ungkapnya.

Syamsu yang merupakan mahasiswa jurusan pendidikan agama Islam (PAI) ini menuturkan, bahwa dana UKT setiap tahun selalu naik. Dan jumlahnya pun cukup banyak. Seperti pada periode 2013 — 2014 dana UKT sebesar Rp 927.500, kemudian angkatan 2014 — 2015 naik menjadi Rp 1.500.000, dan saat ini sudah mencapai Rp 2 juta. “Kami disini intinya menuntut adanya transparansi dana UKT tersebut untuk apa saja,” jelasnya.

Sementara itu, Rektor IAIN Tulungagung  Maftukin Rasmani ketika dikonfirmasi melalui pesan whatsapp dirinya menganjurkan wartawan koranmemo.com untuk melakukan konfirmasi kepada kabiro (humas) IAIN Tulungagung.

Reporter Deny Trisdianto

Editor Achmad Saichu

Follow Untuk Berita Up to Date