Lupus? Herbal Saja Obatnya…Murah dan Gampang Dimasak

Koranmemo.com – Ketika mendengar kata lupus, mungkin yang ada di benak kita adalah novel atau serial TV yang beken di tahun 90-an yang menceritakan tentang seorang anak laki-laki yang nakal namun cerdik dan banyak akalnya.  Namun, dalam dunia medis, lupus tidak terdengar semenyenangkan itu, karena lupus adalah nama sebuah penyakit.

Berbeda dengan tumor atau kanker yang dapat membunuh penderitanya dengan cepat, seseorang yang terkena penyakit ini tidak akan langsung merasakan efek yang mematikan.  Kalau tidak segera ditangani, penderita akan mati perlahan-lahan dengan berbagai penyakit komplikasi yang disebabkan oleh lupus.  Pasalnya, penderita lupus memang sangat rentan dengan berbagai macam penyakit.  Makanya tidak heran kalau julukan penyakit ini adalah penyakit 1.000 wajah.

Sebelum kita mengenal obat lupus herbal, sebaiknya kita mengenal lebih dalam lagi tentang lupus, agar  kita juga bisa tahu, apa saja zat yang bisa menyembuhkan kita dari penyakit ini.  Dalam bahasa latin, lupus memiliki arti yang cukup keren, yakni anjing hutan.  Tidak ada catatan pasti mengapa penyakit ini disebut sebagai lupus, namun istilah untuk penyakit pada sistem kekebalan tubuh manusia ini sudah dipakai sejak 100 tahun atau 1 abad yang lalu.

Ketika terserang penyakit ini, sistem kekebalan tubuh tidak lagi bisa mengenali bakteri atau virus jahat yang masuk dalam tubuh manusia.  Sistem justru akan menyerangan jaringan-jaringan sehat yang penting.  Akibatnya, jaringan tersebut akan rusak dan mengalami peradangan.  Nah, peradangan ini bisa terjadi di semua bagian tubuh manusia, namun gejala awal yang bisa terlihat adalah pada kulit.

Jadi, saat seseorang terserang penyakit ini, 75 persen orang yang tidak pernah membaca artikel maupun buku tentang penyakit lupus pasti akan mengira kalau dia sedang terkena sakit kulit biasa.  Namun ketika sudah semakin parah dan menyerang bagian tubuh yang vital seperti ginjal (lupus nefritis) baru mereka pergi ke dokter, dan kebanyakan sudah terlambat.

Menurut para dokter yang menangani penyakit lupus, lupus nephritis baru terlihat 5 tahun setelah seseorang terkena penyakit lupus.  Dan kalau sampai lupus nefritis sudah muncul, bisa dibilang kondisi pasien berarti sudah sangat buruk, karena yang diserang oleh sistem kekebalan tubuh adalah sel dan jaringan ginjal, salah satu organ paling vital dalam tubuh manusia.  Akibatnya, ginjal akan mengalami peradangan dan tidak berfungsi sebagai mana mestinya atau dengan kata lain gagal ginjal.

Gejala awal lupus nefritis ini tidak terlalu tampak.  Namun bila sudah semakin parah, ada beberapa tanda yang mirip dengan penderita gagal ginjal pada umumnya.  Yang pertama adalah urine yang bercampur dengan darah.  Hal ini terjadi karena ginjal tidak berhasil menyaring protein dan sel-sel darah merah yang harusnya dikembalikan ke dalam tubuh.  Sel-sel darah merah justru lolos dan bercampur dengan zat yang dibuang.  Makanya bisa terjadi urine berdarah.

Gejala kedua adalah tekanan darah tinggi.  Seseorang yang terkena lupus nephritis juga sangat rentan terhadap stress atau depresi.  Makanya, penderita lupus nefritis juga akan dengan mudah mengalami tekanan darah tinggi.  Apalagi pada saat itu, kerja ginjal juga sedang tidak sempurna.

Kemudian gejala yang ketiga adalah pembengkakan pada beberapa bagian tubuh.  Ketika ginjal tidak bisa bekerja dengan baik, maka akan terjadi kebocoran protein pada urine.  Akibatnya, tubuh kekurangan protein, sehingga beberapa jaringan tubuh akan kekurangan protein, dan akhirnya bengkak.

Makanya, sebelum terlambat, sebaiknya kenali segera apa itu penyakit lupus, apa saja gejalanya, dan bagaimana mengobatinya.  Obat lupus herbal atau alami juga bisa bermanfaat jika dikonsumsi dengan benar dan rutin.

Obat Lupus Herbal yang Paling Mujarab

Ada berbagai macam tanaman yang sebenarnya bisa dimanfaatkan untuk menyembuhkan  penyakit lupus.  Kendati demikian, dari berbagai tanaman tersebut ada 3 jenis obat lupus herbal yang paling ampuh untuk menyembuhkan lupus, yakni ekstrak tanaman boswellia serrata, daun pegagan dan yang ketiga adalah semanggi merah.  Mari kita bahas satu persatu.

Dimulai dari boswellia serrata.  Mungkin tanaman ini masih terdengar asing di telinga masyarakat.  Namun ternyata tanaman ini sangat mudah dicari, apalagi di Pulau Jawa.  Ternyata, tanaman ini adalah bahan utama untuk membuat kemenyan.  Makanya kalau mau mencari tanaman ini di pasar, bilang saja mau membeli tanaman kemenyan.  Pasti akan diberi boswellia serrata.

Tidak hanya untuk kemenyan, ternyata tanaman ini mengandung senyawa yang berfungsi sebagai anti inflamasi.  Senyawa yang paling dibutuhkan sebagai obat lupus herbal.  Senyawa tersebut juga mampu mengurangi produksi leukotrien tubuh yang meningkatkan peradangan.  Agar bisa menikmati obat lupus herbal ini, caranya tidak sulit.

Pertama, siapkan dulu 10 gram boswellia serrata.  Kemudian boswellia tersebut diiris-iris lalu masukkan ke dalam 110 mililiter air bersih.  Agar proses ekstrasi sempurna, maka boswellia yang sudah dicampur air tadi harus dipanaskan selama 15 menit dengan suhu 90 derajat celcius, kemudian saring.  Yang harus diingat, resep tersebut hanya untuk sekali minum.  Idealnya, agar cepat sembuh, obat lupus herbal ini harus diminum dua kali dalam sehari, setiap pagi dan sore.

Tanaman yang kedua adalah daun pegagan.  Obat lupus herbal yang satu ini bermanfaat sebagai adaptogen yang bisa membantu mengurangi stress (penderita lupus rata-rata mengalami depresi), detox untuk menetralisir racun yang disebabkan tidak berfungsinya sistem kekebalan tubuh, tonik darah karena penderita lupus pasti juga menderita anemia, serta pelemas sistem syaraf pusat.

Untuk mengolah daun pegagan, yang pertama harus dilakukan adalah ambil segenggam (tangan wanita dewasa) daun pegagan yang masih segar.  Kemudian, rebus dengan dua gelas air hingga berkurang menjadi tinggal tiga perempat gelas.  Kalau sudah, teh daun pegagan siap diminum.  Sebaiknya, teh daun pegagan ini diminum tiga kali dalam sehari agar hasilnya lebih maksimal.

Obat lupus herbal paling mujarab yang ketiga adalah dari tanaman semanggi merah atau dalam Bahasa Inggrisnya disebut red clover.   Semanggi merah ini dalah jenis tanaman obat yang banyak digunakan di India.  Sama seperti dua obat lupus herbal di atas, semanggi merh memilki manfaat yang hampir sama, yaitu sebagai anti inflamasi dan mengurangi kadar stress.  Namun kelebihannya, semanggi merah juga berfungsi untuk mengobati kulit yang rusak akibat penyakit ini atau disebut sebagai agen antidermatosis.

Bagian dari semanggi merah yang bisa dimanfaatkan untuk obat dengan cara diekstraksi adalah daun, pucuk tanaman dan bunganya.  Untuk proses pembuatannya, sama dengan proses ekstraksi boswellia.

Demikian tiga obat lupus herbal yang bisa dimanfaatkan untuk mengobati penyakit lupus.  Namun yang harus ditekankan adalah, kendati obat tersebut bisa mengurangi sakit yang dirasakan penderita lupus, namun pemeriksaan ke dokter juga harus dilakukan, terutama jika penyakit lupus sudah semakin parah.

Editor: Della Cahaya Praditasari

Follow Untuk Berita Up to Date