Libur Nataru, Penumpang KA Naik 143 Persen

Nganjuk, koranmemo.com – Jumlah penumpang kereta api (KA) pada liburan natal dan tahun baru (nataru) tahun 2018 melonjak tajam dibanding hari-hari biasa. Bahkan, di Stasiun Nganjuk penumpang naik dan turun pada liburan kali ini mencapai peningkatan hingga 143 persen.

Agus Tiyo Wibowo, Kepala Stasiun Nganjuk, mengungkapkan puncak lonjakan penumpang kereta api di Stasiun Nganjuk akan terjadi pada 3 Januari 2019 mendatang. “Penumpang kereta api di Stasiun Nganjuk mengalami lonjakan yang sangat signifikan pada saat natal tanggal 25 Desember. Yang naik maupun turun meningkat hingga 143 persen dibanding hari biasa,” ungkapnya.

Agus menyebut, pada hari biasa penumpang di Stasiun Nganjuk hanya berkisar 200 hingga 250 orang per hari. Sedangkan sejak tiga hari terakhir sudah mencapai 500 hingga 590 orang penumpang setiap harinya.”Rata-rata penumpang ini hendak bepergian ke daerah Jakarta, Bandung, dan Yogyakarta,” jelasnya.

Kenaikan penumpang di stasiun tersebut diperkirakan masih terus akan terjadi. Puncaknya diprediksi semakin melonjak setelah libur tahun baru, atau tepatnya sekitar 3 Januari 2019.

Ditengarai lonjakan penumpang ini disebabkan karena tingginya minat masyarakat bersama keluarga untuk menggunakan moda transportasi kereta api. Apalagi musim liburan kali ini bersamaan antara libur sekolah dengan natal 2018 dan tahun baru 2019.

Reporter Andik Sukaca

Editor Achmad Saichu

Follow Untuk Berita Up to Date