Libur Akhir Tahun, Penumpang KA Meningkat

Kediri, koranmemo.com – Selama tiga belas hari masa libur natal dan tahun baru (Nataru) penumpang yang naik kereta api (KA) dari Stasiun Kediri mencapai 26 ribu orang. Jumlah itu meningkat dibanding tahun 2017 yang hanya dikisaran 25 ribu penumpang pada periode yang sama.

Kepala Stasiun kereta api Kediri, Efandi mengatakan, perjalanan menggunakan kereta api masih menjadi primadona masyarakat, terbukti di liburan penghujung tahun 2018 ada tren kenaikan penumpang di Stasiun Besar Kediri sebanyak 0,5 persen. Dibanding tahun lalu selama tiga belas hari libur Nataru penumpang Kereta Api dari Stasiun Kediri sebanyak 25.060 penumpang sedangkan tahun 2018 mengalami kenaikan penumpang menjadi 26.511 penumpang.

“Jika diambil rata-rata per hari selama 13 hari ini Stasiun Kediri melayani penumpang naik dan turun sekitar 4.111 penumpang. Hitungannya, 26.662 penumpang naik dari sini, dan 26.776 penumpang turun atau datang. Kebanyakan keberangkatan hampir sama baik lokal atau jarak jauh tapi yang mendominasi tetap menuju atau dari arah Bandung dan Jakarta,” ujarnya saat ditemui di kantornya, Rabu (2/1).

Ditambahkan, pada Nataru Daop 7 Madiun menambah jadwal keberangkatan kereta tambahan baik lokal atau jarak jauh. Sejumlah personel dipersiapkan untuk memberikan rasa aman dan kenyamanan bagi para penumpang Kereta Api. Sementara, jadwal Nataru masih akan berlangsung sampai tanggal 6 Januari mendatang.

“Kita menggandeng beberapa pihak seperti Koramil, dan Polsek untuk keamanan, dan relvan yang meruapakan masyarakat menjadi relawan setiap momen seperti ini. relvan ini dari Daop 7 ada dua sift, setiap satu sift ada 4 orang untuk membantu selama Nataru tahun ini,” jelasnya.

Reporter Zayyin Multazam

Editor Achmad Saichu

Follow Untuk Berita Up to Date