Lezatnya Bakso Tumpeng Kerucut

Nganjuk, koranmemo.comUntuk urusan kuliner, Kabupaten Nganjuk selama ini dikenal dengan nasi beceknya. Namun ternyata, masih ada lagi menu kuliner yang terbilang unik, tapi terasa begitu lezat. Dan yang pasti harganya terjangkau bagi semua kalangan.

Kuliner unik kali ini dikenal dengan sebutan bakso tumpeng kerucut. Bertempat di Jalan Imam Bonjol Kecamatan / Kota Nganjuk, menjadi salah satu destinasi wisata kuliner untuk mengisi libur akhir pekan.

Saat diamati sekilas, bakso tumpeng memang berbentuk kerucut dengan ukuran lumayan besar. Makanan inipun menjadi incaran pengunjung dari berbagai daerah, terutama para pelajar yang kerap memadati warung bakso tumpeng. Selain bentuknya yang unik, kelezatan rasa juga menjadi incaran para pecinta kuliner.

Bakso tumpeng disajikan dengan mie putih dan tahu putih serta gorengan. Belum lagi ditambah kuah gurih dan ditaburi bawang goreng serta seledri yang menambah sedap cita rasa. Di dalam bakso tumpeng berukuran besar ini terdapat urat daging sapi asli dan telor ayam, yang membuat warga pecinta kuliner semakin penasaran ingin mencicipinya.

“Saya sering kesini. Bentuk baksonya unik dan rasanya nikmat. Dan yang paling penting harganya sangat terjangkau buat kami,” ujar Wahyuningsih, pecinta kuliner asal Nganjuk.

Sementara itu, Endang Setiowati, penjual bakso tumpeng mengaku sudah sekitar tujuh bulan membuka lesehan bakso tumpeng. Ide untuk menamakan bakso tumpeng berawal dari bentuk bakso yang mengerucut.”Supaya bisa menarik pelanggan dengan nama unik. Saya juga terinspirasi dari tradisi di Kabupaten Nganjuk, yang mana masyarakat sering menggunakan tumpeng untuk simbol rasa syukur,” jelasnya.

Selain menjual bakso tumpeng, Endang menyebut beberapa menu andalan yang ada di warungnya. Seperti, bakso beranak, bakso isi telur, hingga bakso berurat. Bahkan, dalam waktu dekat dia akan membuat bakso cinta dengan bakso berbentuk seperti hati.

Untuk urusan harga, Endang menyebut sangat terjangkau bagi berbagai macam kalangan. Hanya di kisaran angka Rp 12 ribu, pecinta kuliner sudah bisa menikmati kelezatan dari kuliner unik di kota angin.

Reporter: Andik Sukaca
Editor: Achmad Saichu

Follow Untuk Berita Up to Date