Lebih dari 50 Persen NUN SMP Kota Kediri di Bawah 250,0

Kediri, koranmemo.com – Dinas Pendidikan telah mengumumkan hasil Ujian Nasional Sekolah Menengah Pertama (SMP) tahun ajaran 2017/2018, Jumat (25/5).  Menurut data yang sudah dikeluarkan oleh Dinas Pendidikan Kota Kediri, nilai ujian nasional (NUN) di Kota Kediri cenderung menurun, bahkan dari 6.413 siswa dari SMP dan MTs, lebih dari 3.000 siswa, NUN-nya berada di bawah angka 250,00.  Sedangkan, siswa yang mendapatkan NUN di atas 300,00 hanya 1.207 siswa.

Kepala Bidang Pendidikan Dasar Dinas Pendidikan Kota Kediri, Chevy Ning Suyudi mengaku, NUN tahun ini lebih rendah dibanding tahun – tahun sebelumnya. Menurutnya hal ini tidak hanya dialami siwa Kota Kediri saja melainkan semua lulusan yang ada di Indonesia karena keberadaan soal berstandar higher order thinking skills (HOTS) yang diterapkan oleh Mendikbud pada soal UN.

“Ini semua SMP se-Indonesia nilainya turun semua, karena ada penambahan bobot kurikulum dalam soal UN kemarin. Jadi agak lebih sulit soal – soalnya. Ke depan semoga anak – anak bisa lebih beradaptasi dengan HOTS ini sehingga bisa meningkat lagi nilainya,” ujarnya, Jumat (25/5).\

Sementara, 20 besar NUN terbaik di Kota Kediri didominasi oleh siswa dari SMP Negeri 1 dengan 14 siswa, yang salah satunya menjadi yang terbaik di Kota Kediri. Sisanya, dari SMP Negeri 4 dengan 4 siswa dan 2 siswa lainnya dari MTs Negeri 1 Kota Kediri.

Apakah ini bukti bahwa proses kualitas pembelajaran pendidikan di Kota Kediri tidak merata? Chevy tidak sependapat dengan hal itu. “Justru dengan 20 besar didominasi oleh SMP 1 dan SMP 4 ini wujud program kita sukses. Karena, SMP 1 dan SMP 4 ini memang kita siapkan untuk unggul dalam akademik, berarti kita sukses,” tandasnya.

Reporter : Zayyin

Editor : Della Cahaya

Follow Untuk Berita Up to Date