LEBIH BAIK MENCEGAH DARI PADA MENGOBATI ( SMPN 1 )

Hi guys, kali ini kita akan membahas tentang kegiatan bersepeda dalam rangka hari jadi kota Kediri yang ke 1138. Jadi, pemerintah kota Kediri dan ISSI ( Ikatan Sport Sepeda Indonesia ) menyelenggarakan acara ini untuk seluruh pelajar di kota Kediri yang mereka beri nama Funbikeducation. Acara kali ini juga disponsori oleh Koran Memo dan VIVO Smartphone yang diikuti oleh seluruh pelajar SMP dan SMA di kota Kediri. Kegiatan Funbikeducation baru diselenggarakan pada tahun ini, tepatnya pada Minggu pagi tanggal 6 Agustus 2017. Funbikeducation juga sangatlah menarik untuk diikuti oleh remaja-remaja pecinta sepeda atau anak-anak muda yang mempunyai minat dalam bersepeda.

Acara ini bertujuan untuk bersosialisasi dan memberikan edukasi tentang sepeda, juga merupakan bentuk peduli remaja terhadap udara dan lingkungan sekitar. Dengan seperti ini kita dapat mengurangi polusi udara di sekitar kita dengan bersepeda. Apa lagi nih guys, pelajar-pelajar di sekitar kita sebagian besar belum cukup umur untuk menggunakan kendaraan bermotor dan mereka belum mempunyai SIM ( Surat Izin Mengemudi ). Faktanya nih ya, bersepeda tidak kalah asik dengan mengendarai sepeda motor. Dengan bersepeda juga mempunyai banyak manfaat tidak hanya dapat mengurangi polusi, bersepeda juga dapat menyehatkan tubuh kita.

Kita juga dapat melakukan program diet sehat dengan bersepeda. Program diet sehat dengan bersepeda ini tidak perlu mengeluarkan biaya yang cukup banyak. Misalnya ya, kalau rumah kalian tidak cukup jauh dari lokasi sekolah, tempat kalian belajar, kalian bisa bersepeda dari rumah kalian menuju sekolah atau mungkin mengganti kebiasaan bermotoran kalian dengan kebiasaan bersepeda. Dengan ini juga kalian dapat berhemat dalam uang saku kalian nih guys. Yang biasanya sebagian uang saku digunakan untuk membeli bensin, kalian bisa menabungnya untuk masa depan kalian, lebih berguna bukan guys?

Untuk menambah wawasan dan pengalaman dalam bersepeda, kalian bisa mengikuti acara atau event-event bersepeda seperti Funbikeducation kali ini. Karena dengan mengikuti Funbikeducation kita dapat mengetahui lebih banyak tentang sepeda dari jenis-jenis sepeda, manfaat bersepeda, kejuaraan-kejuaraan yang diraih dengan bersepeda dan juga kita dapat menambah teman di sana, dengan menambah teman kita juga dapat bertukar pengalaman tentang bersepeda.

Kegiatan-kegiatan yang bisa kita ikuti dalam acara Funbikeducation ini diantaranya mendapatkan sosialisasi tentang bersepeda. Acara ini disosialisaikan oleh beberapa komunitas-komunitas bersepeda yang ada di kota Kediri, antara lain BMX ( Bicycle Motocross Xtreme ), MRT ( Melinda Road Bike Team ), dan Down Hill. Beberapa komunitas-komunitas itu mereka memberikan materi-materi yang sangat berguna untuk menambah wawasan kita tentang sepeda. Seperti komunitas BMX ( Bicycle Motocross Xtreme ) yang memberikan materi seputar jenis sepeda BMX.

“BMX terbagi menjadi dua, yaitu BMX Flatland dan BMX Streets, perbedaannya adalah kalau BMX Flatland harus melakukan trik, namun hanya membutuhkan media datar yang tidak terlalu besar. Nah, kalau BMX streets juga harus melakukan trik tetapi dengan kesulitan yang cukup tinggi”, ujar seorang atlet BMX yang telah mancapai kejuaraan internasional, “Biasanya juga sih, orang-orang Streets belum tentu bisa main Flatland, begitu pula sebaiknya”, lanjutnya yang biasa dipanggil Bendot dalam komunitasnya ini.

Sekedar info ya guys, cara dasar mempelajari trik dalam BMX Flat land yang pertama yaitu, kita harus melatihkekuatan tangan. Misalnya nih, dengan melakukan push up dengan mengagkat beban ringan secara rutin dan teknik pull up atau mengangkat bebanke atas dengan tangan bergelantung. Yang kedua, kita harus melatih kekuatan kaki seperti membiasakan mengendarai sepeda sesering mungkin atau jika perlu ditambahkan dengan lari pagi sagat baik untuk pernapasan. Yang ketiga, kita juga harus melatih keluwesan dan keseimbangan pada tubuh kita. Dan hal yang terpenting adalah ketika kita ingin mempelajari trik-trik BMX kita harus memiliki sepedanya terlebih dahulu.

Selain jenis sepeda BMX, pada event itu juga terdapat komunitas Down Hill. Komunitas Down Hill merupakan komunitas bersepeda untuk menuruni bukit. Sebuah cabang bersepeda itu khusus mountain biking time trial dengan memanfaatkan gaya gravitasi untuk membutuhkan waktu tercepat. Adapun tips bermain sepeda Down Hill yang pertama kita harus berada di posisi bersepeda yang benar, kita berdiri di sepeda dengan pedal datar.

Selanjutnya, pandangan kita harus lurus ke depan. Kesalahan yang biasa terjadi dalam mengendarai sepeda Down Hill adalah menempatkan pinggul dan bobot tubuh terlalu mundur melampaui roda belakang. Dan posisi yang benar adalah posisi lengan dan tungkai terbuka secara lentur dengan kedua siku membentuk sudut. Dengan demikian, kalian berada diposisi yang kuat.

Adapun atlet Kediri yang sudah mencapai kejuaraan Internasional di Sumatra Selatan. Ia adalah Agung Priyo. “Memang cita-cita saya dari kecil ingin menjadi pembalap, lalu lebih mengarah ke atlet sepeda Down Hill” ujarnya ketika team kami mewawancarai. Selain Agung Priyo, ada juga yang berprofesi sama yaitu Bobby (Panggilannya). “Awalnya saya lebih tertarik menjadi pembalap motor, tetapi saya takut karena masih belum cukup umur. Lalu akhirnya saya mencoba ke olahraga Down Hill dan ternyata cocok” kata Bobby.

Pada event tersebut kami mewawancarai beberapa peserta dan kami banyak mendapatkan berbagai pendapat yang sebagian besar hampir sama. “Menurut saya acaranya menyenangkan, asik dan dapat menambah banyak teman”, pendapat dari Januar (Siswa SMPN1 Kota Kediri), “Saran saya untuk acara ini supaya tahun depan dapat diadakan kembali dan rutenya lebih jauh lagi”, lanjutnya. Selain Januar ada juga peserta SMA yang memiliki pendapat hampir sama, “Ini adalah acara yang dapat mengumpulkan siswa siswi sekota Kediri. Kan siswa dibawah umur belum boleh mengendarai motor jadi dapat lebih mengurangi polusi. Saran saya apabila tahun depan akan diadakan lagi supaya lebih dimeriahkan dan dari pihak panitia untuk acara selanjutnya supaya bisa diacc oleh bapak Walikota atau pihak-pihak yang bersangkutan”, pendapat dan saran dari Aruna Widyantara P (Siswa SMAN 2 Kota Kediri).

Dari artikel ini dapat disimpulkan bahwa acara Funbikeducation merupakan acara yang sangat positif, baik bagi pelajar maupun orang penggemar sepeda lainnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.