Lebaran, BI Kediri Siapkan Uang Pecahan Baru Rp 6,1 Triliun

Kediri, Koranmemo.com – Bank Indonesia Kantor Perwakilan Kediri menyiapkan uang pecahan baru Rp 6,1 Triliun untuk penukaran uang menjelang lebaran 2019. Jumlah ini lebih banyak dibanding tahun lalu yang hanya menyediakan Rp 5,2 triliun.

Musni Hardi Atmadja Kepala BI KPw Kediri mengatakan, jumlah yang jauh lebih banyak tersebut lantaran berbarengan dengan turunnya gaji ke 13 dan ke 14 pegawai negeri sipil (PNS) sehingga masyarakat membutuhkan uang banyak untuk menyambut lebaran. Jumlah itu disediakan untuk masyarakat yang akan menukarkan uang di wilayah kerja BI Kediri, yakni Tulungagung, Blitar, Kediri, Madiun, dan Ponorogo.

“Kita sudah bekerjasama dengan 69 kantor cabang bank se Karesidenan Kediri dan Madiun untuk melayani penukaran uang kepada masyarakat. Setiap hari selasa dan Kamis itu nanti bisa dilakukan penukaran di salah satu kantor cabang Bank,” ujarnya.

Bagi nasabah yang ingin menukarkan pecahan uang baru ke bank, dibatasi satu orang Rp 3.700.000. Pecahan nominal uang baru yang disedikan mulai terkecil Rp 2.000, Rp 5.000, Rp. 10.000, hingga Rp 20.000. Musni Hardi mengatakan, BI Perwakilan Kediri juga menggandeng delapan bank untuk mengadakan penukaran uang kas keliling di sejumlah tempat keramaian dan objek wisata seperti di simpang lima gumul (SLG) Kabupaten Kediri.

“Untuk di SLG nanti proses penukarannya seperti pemilu kemarin. Jadi yang sudah menukarkan uang jari tangannya dicelupkan ke tinta sebagai bukti sudah melakukan penukaran uang, ini untuk mengantisipasi ada yang memanfaatkan momentum itu. Jumlahnya sama satu orang hanya boleh menukarkan maksimal Rp 3.700.000,” jelasnya.

Disamping itu BI Perwakilan Kediri juga akan mendatangi 16 Kantor Kelurahan yang tersebar di tiga Kecamatan Wilayah Kota Kediri untuk memberikan pelayanan penukaran uang pada saat digelarnya operasi pasar murah.

Reporter Zayyin Multazam

Editor Achmad Saichu

Follow Untuk Berita Up to Date