Lapas Nganjuk Over Kapasitas Nyaris 100 Persen

Nganjuk, koranmemo.com – Kondisi lembaga pemasyarakatan (Lapas) di Kabupaten Nganjuk mengalami over kapasitas nyaris 100 persen. Tak bisa dibilang kecil, dari kapasitas lapas yang hanya 141 orang ternyata kini dihuni 220 orang narapidana, sehingga mereka  harus saling berdesakan menjalani aktivitas sehari-hari.

Data yang dihimpun Koranmemo.com, kapasitas Lapas di Indonesia secara keseluruhan memang mengalami over kapasitas. Bahkan, di sejumlah lapas sudah jauh melebihi kapasitas hingga menyentuh 800 persen alias mencapai 8 kali lipat dari kapasitas yang ada.

Kalapas Kelas II Rutan Nganjuk, Mansur saat dikonfirmasi mengatakan, secara nasional over kapasitas lapas sudah mencapai 62 persen. Menurutnya, meski secara nasional over kapasitas masih belum terlalu besar, namun beberapa lapas mengalami over kapasitas sangat tinggi.

“Over kapasitasnya mencapai 8 kali lipat dari jumlah normal. Selain itu, di Banjarmasin, over kapasitas capai 7 kali lipat, dari yang hanya berkapasitas 100 orang diisi oleh 700 orang,” ujarnya ketika ditemui usai kegiatan Deklarasi Janji Kinerja 2018, Senin (8/1) di lapas setempat.

Mansur berpendapat, meski secara nasional over kapasitas masih di kisaran angka 62 persen, namun di lapas-lapas atau UPT kondisinya sangat over dan memprihatinkan. “Kalau untuk Jawa Timur memang juga sudah over, namun masih terkendali,” imbuhnya.

Saat ini pihaknya terus berupaya untuk mengurangi over kapasitas di lapas yang sudah terlalu over. Salah satunya dengan upaya melakukan redistribusi penghuni lapas satu ke lapas lain. Selain itu, upaya yang dilakukan juga dengan pembebasan bersyarat maupun remisi.

Mansur menilai jika over kapasitas lapas disebabkan lantaran banyaknya kasus-kasus kriminal yang sebagian besar putusannya adalah pidana penjara. Menurut dia, banyak kasus yang sebenarnya tidak perlu dihukum pidana penjara.

“Over kapasitas ini menjadi PR (pekerjaan rumah) kami sebagai kepanjangan dari Kementerian Hukum dan HAM, maka dari itu kami diwajibkan setiap awal tahun melakukan ikrar dan membuat pakta integritas terhadap kinerja petugas lapas,” tandasnya.

Reporter: Andik Sukaca

Editor: Achmad Saichu

Follow Untuk Berita Up to Date

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.