Langka, Harga Bawang Putih Belum Stabil

Kediri, koranmemo.com – Pasca mulai dilakukannya operasi pasar murah (OPM) sejak Selasa (7/5), harga bawang putih masih belum bisa dipastikan stabil. Ini dikarenakan masih langkanya keberadaan bawang putih yang bisa diperoleh pedagang di pasaran.

Wati (46), pemilik stand bumbu dapur dan kebutuhan pokok di pasar tradisional Bandar Kota Kediri mengatakan, harga bawang putih masih Rp 50 ribu per kilonya. “Bawang putih tetep mas Rp 50 ribu/kg. Kalau bawang merah Rp 25 ribu / kg. Sudah dari sananya segitu mas,” ucap pedagang tersebut.

Berbeda lagi di pasar Pahing Kota Kediri. Harga bawang putih berangsur turun mulai hari pertama bulan Ramadan. Sriyati (63), pedagang bawang putih ini menyebutkan, harga bawang putih sekarang mencapai harga Rp 45 ribu per kilogram yang sebelum Ramadan hampir mencapai harga Rp 60 ribu/kg.

“Udah turun mas sejak tanggal 6 Mei kemarin. Kalo sebelum puasa harganya hampir sampek Rp 60 ribu. Sekarang alhamdulillah turun Rp 45 ribu pe rkilogramnya. Kalo bawang merah per kilogramnya Rp 23 ribu mas di sini,” ujarnya.

Untuk menanggulangi kejadian semacam ini, pemerintah akan memenuhi persediaan stok barang khususnya bawang putih melalui program bantuan yang dicanangkan oleh pemprov Jatim. Agar tingginya harga yang disebabkan keterbatasan bawang putih segera bisa ditekan.

“Bantuan berupa bawang putih itu sudah pasti mas. Tinggal kita menunggu saja untuk penyalurannya dari pemprov Jawa Timur,” Ucap Wali Kota Kediri, Abdullah Abu Bakar, saat sosialisasi OPM.

Reporter: Dimas Mahendra

Editor Achmad Saichu

Follow Untuk Berita Up to Date