Lakukan Penertiban APK dan BK Serentak

Jombang, koranmemo.com – Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Jombang bersama petugas Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) setempat, melakukan penertiban Alat Peraga Kampanye (APK) dan Bahan Kampanye (BK) yang melanggar aturan. Dalam agenda yang dilaksanakan serentak di Jawa Timur ini petugas berhasil menertibkan APK dan BK, Rabu (12/12).

Pengamatan wartawan, pelaksanaan penertiban ini dimulai di wilayah Kecamatan Jombang, sekitar pukul 09.30 WIB. Ketua Panwaslu Kecamatan Jombang, Lutfi Utomo mengatakan, penertiban APK dan BK ini menyisir 10 titik di wilayah Kecamatan Jombang.

Menurutnya, sejumlah APK dan BK yang ditertibkan ini, dinilai telah melanggar Undang-undang RI Nomor 7 tahun  2017, dan Peraturan KPU Nomor 23 Tahun 2018 tentang kampanye pemilu, serta Peraturan Bawaslu tentang Pengawasan Kampanye.

“Bentuk pelanggarannya, APK yang dipaku di pohon dan diikat menggunakan kawat besi di pohon. Serta dipasang di tempat-tempat fasilitas umum,” katanya disela melaksanakan penertiban di Jalan KH Hasyim Asy’ari.

Sementara, hingga pelaksanaan penertiban APK dan BK berakhir sekitar pukul 11.30 WIB, petugass berhasil menertibkan  APK dan BK sebanyak 41 buah. Kegiatan penertiban ini sendiri akan berlanjut hingga hari tenang. “Hari ini kita amankan 29 umbul-umbul, 4 bendera, 1 stiker branding, dan 7 baliho,” ujarnya.

Sementara, anggota Komisioner Bawaslu Jombang Divisi Pengawasan, Hubungan Masyarakat dan Hubungan Antar Lembaga David Budianto menambahkan, penertiban APK dan BK ini merupakan kegiatan serentak yang dilakukan oleh pihak Bawaslu di seluruh kabupaten/kota di Jawa Timur.

“Selain di Jombang, kegiatan ini juga dilakukan serentak di kabupaten dan kota lainnya di Jawa Timur,” tuturnya.

Masih menurut David, APK dan BK hasil penertiban selanjutnya dibawa ke kantor Satpol PP untuk dilakukan pendataan dan dikumpulkan. “Kami berharap dengan upaya ini Pemlu 2019 berjalan aman,bersih dan damai,” pungkasnya.

Reporter Agung Pamungkas

Editor Della Cahaya

Follow Untuk Berita Up to Date