Lahan Tebu Terbakar, Diduga Ini Penyebabnya

Kediri, koranmemo.com – Lahan tebu milik warga Kelurahan Mrican yang berada tepat di depan Kantor Kelurahan Dermo Kecamatan Mojoroto Kota Kediri, terbakar, Senin (10/6) siang. Api diduga berasal dari putung rokok yang dibuang di sekitar lahan tersebut.

Kepala Kelurahan Dermo, Ahmad Jainudin mengatakan, api diketahui mulai berkobar sekitar pukul 12.3 WIB. Awalnya, api hanya membakar tumpukan daun tebu kering di satu titik saja, namun karena tiupan angin cukup kencang sehingga api cepat merembet ke bagian ynag lain.

“Kemungkinan tadi ada pengendara yang membuang puntung rokok di situ. Biasa, kalau orang mengendarai kendaraan sambil merokok, tapi akibatnya malah membahayakan seperti ini,” ucapnya.

Dari pantauan koranmemo.com, warga dan petugas Satpol PP Kota Kediri mencoba memadamkan api dengan APAR dan kayu serta bambu yang dipukulkan ke tumpukan daun yang terbakar.

Angin yang berhembus mengakibatkan api semakin membesar dan merembet ke arah utara. Kerena jarak antara lahan dan pemukiman cukup dekat, pihak kelurahan melaporkan ke petugas PMK Kota Kediri.

Setidaknya, dua unit mobil pemadam kebakaran dikerahkan untuk memadamkan api. Pasalnya, daun tebu yang kering sangat mudah terbakar dan api menyebar lebih luas.

Selain menyemprotkan air ke titik api, petugas juga menyemprotkan air dari atas. Ini dilakukan, supaya lahan yang belum terbakar akan basah sehingga api tidak dapat membakar daun dan tanaman tebu.

Dari informasi yang diperoleh koranmemo.com, lahan tersebut milik Adi Prayitno (38) warga Kelurahan Mrican. Luas lahan tersebut diperkirakan mencapai 2.000 meter persegi.

Namun, perkiraan kerugian materi belum dapat diperkirakan. Ini lantaran, tanaman tebu belum memasuki masa panen. Meskipun demikian, rendemen tebu dipastikan turun, bahkan berkurang akibat dilahap si Jago Merah.

Reporter: Okpriabdhu Mahtinu

Editor Achmad Saichu

Follow Untuk Berita Up to Date