Lagi, Jalan Raya Porong Tergenang Air

Sidoarjo, koranmemo.com – Lagi, genangan air terlihat di Jalan Raya Porong arah Malang. Tepatnya di sisi sebelah Barat Tanggul Lumpur Sidoarjo. Panjang genangan air berkisar 200 meter.

Salah satu pengendara yang melintas Adi Prasetyo menjelaskan, genangan itu menyebabkan kemacetan. Pasalnya, hanya satu lajur jalan yang bisa digunakan. “Mobil dan truk harus mengurangi kecepatannya,” terang pria asal Tulangan ini, Selasa (8/1/2019) sore.

Dikatakan, ketinggian air saat itu mencapai 20 cm hingga 30 cm. Sehingga, kendaraan roda dua harus ekstra hati-hati saat melintas kalau tidak ingin mesinnya mati. Lokasi itu kerap menjadi langganan banjir. Apalagi saat hujan deras.

Sementara itu, Humas PPLS Hengky Listria Adi mengatakan, penyebab genangan masih diselidiki. Saat ini, petugas PPLS berada di wilayah tergenang. Menurut dia genangan itu sudah terjadi sejak siang.

Dari hasil pengecekan, sumber air dipastikan bukan dari tanggul. Pasalnya, petugas tidak menemukan kebocoran. Kemungkinan, kata dia, genangan itu disebabkan pipa PDAM. “Sama seperti tahun lalu, kami masih pastikan,” ucapnya.

Tidak hanya jalan Raya Porong, genangan air juga kembali merendam sejumlah wilayah di kota Delta. Jalan dan halaman rumah warga di desa Candinegoro Wonoayu juga tergenang.

Disana, dua RT terendam air dengan ketinggian berkisar 15 cm hingga 20 cm. Genangan itu diduga disebabkan luapan air saluran irigasi. “Air menggenangi jalan dan pekarangan warga. Hingga akhirnya sejumlah warga mulai meninggikan bangunan agar rumahnya aman,” terangnya.

Dikatakan, air itu sebenarnya berfungsi mengaliri areal persawahan di Krian dan Wonoayu. Seperti Desa Kasak dan Terung Kulon di Krian, sampai Desa Candinegoro. Sayangnya, volume air terlalu besar. “Saluran air tidak bisa menampung akhirnya meluap,” pungkasnya.

Reporter Yudhi Ardian

Editor Achmad Saichu

Follow Untuk Berita Up to Date