Kuras Harta Majikan di Manukwari, PRT Dibekuk di Trenggalek

Trenggalek, koranmemo.com – Pembantu rumah tangga (PRT), Indrawati (34) asal RT 1 RW 1 Desa Sumberdadi Kecamatan/Kabupaten Trenggalek yang merantau di Manukwari Papua ditangkap Satreskrim Polres Manukwari yang bekerja sama dengan Polres Trenggalek, Senin (21/8) di rumahnya.

Tersangka diringkus petugas, lantaran diduga melakukan tindak pidana pencurian dan pemberatan yang tempat kejadian perkara (TKP) di rumah majikannya Erni Puspita (39) warga Jn Trikora Gang Belis Wosi Manukwari yang juga asli warga Trenggalek. Akibat peristiwa tersebut korban mengalami kerugian mencapai Rp 300 juta.

Kapolres Trenggalek AKBP Dony Adityawarman melalui Kasubag Humas Iptu Supadi membenarkan penangkapan tersebut. Tindak pidana yang dilakukan oleh tersangka TKPnya di Manukwari Papua pada bulan Juli lalu.  Tersangka, setelah menguras harta benda milik korban, kemudian melarikan diri ke wilayah Trenggalek.

“ Benar pelaku pencurian dan pemberatan yang TKP-nya di Manukwari berhasil ditangkap. Dikarenakan TKP di sana, Polres Trenggalek membantu Polres Manukwari yang pelakunya melarikan diri di wilayah hukum Polres Trenggalek,” ungkap Iptu Supadi.

Dijelaskan, pelaku menjadi pembantu rumah tangga di rumah korban sudah bertahun-tahun. Pada saat Erni Puspita (majikan) sedang tidak ada di rumah, pelaku masuk di kamar korban dan membuka lemari tempat menyimpan perhiasan emas dan uang.

Mendapati barang berharga berupa perhiasan emas, pakaian dan uang dolar yang tersimpan dalam lemari, pelaku langsung mencuri dan selanjutnya kabur melarikan diri ke Kabupaten Trenggalek tempat kelahirannya. Mengetahui harta benda lenyap, kemudian korban melapor ke Polres Manukwari.

Selanjutnya unit Satreskrim Manukwari berkoordinasi dengan Polres Trenggalek melakukan pengejaran dan penagkapan terhadap tersangka yang melarikan diri ke Trenggalek. Dari pengakuan tersangka hasil curiannya telah habis dijual dengan harga Rp 110 juta.

“ Tersangka ditangkap di rumahnya, sedangkan barang bukti yang berhasil diamankan petugas berupa mobil jenis sedan AG 1298 RO yang diduga pembeliannya dari hasil uang curian. Untuk saat ini tersangka, sudah dibawa unit Satreskrim Polres Manukwari guna menjalani proses penyidikan disana dan tersangka akan dijerat pasal pencurian pemberatan dan pencucian uang,” pungkas Iptu Supadi.

Reporter: Supani

Editor: Achmad Saichu

Follow Untuk Berita Up to Date

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.