Kuota Haji Kota Kediri Berkurang, Ini Penyebabnya…

Kediri, koranmemo.com – Kuota jamaah haji tahun 2018 di Kota Kediri dipastikan berkurang jika dibandingkan dengan tahun lalu. Diperkirakan, calon jamaah haji tahun ini sebanyak 330  orang dan dijadwalkan berangkat ke Tanah Suci Mekkah  awal Agustus mendatang.

Kasi Haji dan Umroh Kementerian Agama Kota Kediri, Tjitjik Rahmawati, mengatakan, kuota jamaah haji Kota Kediri tahun ini total sebanyak 330 orang. Mereka ini merupakan jamaah yang mendaftar pada tahun 2010.

“Meski begitu, jamaah kemungkinan dapat bertambah karena masih menunggu calon jamaah mutasi atau calon jamaah yang ternyata mengundurkan diri,” jelasnya, Jumat (9/2).

Kuota jamaah haji tahun lalu, tambah dia, sebanyak 363 orang atau lebih banyak jika dibandingkan dengan tahun ini. Menurut dia, berkurangnya jamaah ini karena calon jemaah haji  pada 2010 yang daftar hanya 330 orang.

“Kalau tahun lalu, kuota kita 340 jamaah, karena ada mutasi dan beberapa tambahan dari daerah lain. Maka total jamaah kami  berangkatkan ada 363 jamaah. Kuota ini merupakan hasil pembagian dari Kementerian Agama Pusat,” jelasnya.

Sesuai ketentuan, dalam satu kloter terdapat 450 jamaah haji. Ini termasuk tim medis lima orang, serta ditambah tim petugas haji dari Kemenag.

Jamaah haji yang daftar pada 2018 dipastikan akan berangkat  pada 2039. “Daftar tunggu kali ini lebih panjang. Jika daftar tahun ini maka akan diberangkatkan 21 tahun lagi,” tandas Tjitjik.

Reporter: Zayyin Multazam

Editor: Gimo Hadiwibowo

Follow Untuk Berita Up to Date

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.