Kunjungan Menteri Pertanian: Harga Bawang Putih Stabil, Stok Pangan Aman

Sidoarjo, koranmemo.com – Menteri Pertanian, Andi Amran Sulaiman dan Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa berkunjung ke pasar Porong Baru, Rabu, (22/05/2019). Mereka mengecek langsung harga bahan komoditi, utamanya bawang putih, yang pada awal bulan Ramadan mengalami peningkatan harga.

“Perkilonya seharga Rp.18 ribu. Harga Komoditi bawang putih sudah turun,” terang Menteri Pertanian RI, Andi Amran Sulaiman saat meninjau operasi pasar murah Bawang Putih di Pasar Porong Baru, Rabu, (22/05/2019).

Pihaknya juga mengapresiasi langkah BUMD pemprov Jatim dalam menekan lonjakan harga bawang putih jelang lebaran tahun ini. “Kita lihat, anggota Bu Gubernur luar biasa sekali. Baru menjabat beberapa bulan sudah bisa menstabilkan harga komoditi pangan,” ucap Andi Amran disela-sela kunjungannya.

Andi menambahkan, berdasarkan hasil kunjungannya ke beberapa wilayah di Jawa Timur, stok pangan menjelang lebaran dinilai aman, bahkan harga yang diprediksi mengalami kenaikan juga bisa stabil yakni dibawah Harga Pokok Penjualan/ Produksi (HPP). Bawang putih misalnya, sempat mengalami kenaikan harga hingga Rp.50 ribu perkilonya.

“Alhamdulilah sekarang harga bawang putih di pasaran bisa stabil diharga R 23 ribu perkilonya. Itu sesuai target kita terutama disaat jelang lebaran yakni dibawah Rp 25 ribu perkilo,” tambah Andi.

Dikatakan, pihaknya memang memberi ruang untuk BUMD untuk mengimpor langsung sehingga bisa menstabilkan komoditi di masing-masing daerah. “Jadi, mereka tidak perlu ke Jakarta dulu untuk mendapatkan barang. Karena biaya ongkosnya juga mahal,” tandasnya.

Pada kesempatan yang sama, Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa, menyatakan jika persediaan dan harga bahan pokok di Jawa Timur masih aman. “Stok dan harga komoditi di sejumlah pasar di Jawa Timur masih aman hingga hari raya Iedul Fitri kedepan,” terangnya.

Reporter Yudhi Ardian

Editor Achmad Saichu

Follow Untuk Berita Up to Date