Kuasai Trotoar, Lapak PKL Digulung

Ponorogo, koranmemo.com – Menjamurnya lapak Pedagang Kaki Lima (PKL) di sejumlah ruas trotoar jalan di Kota Ponorogo, membuat Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol-PP) Kabupaten Ponorogo melakukan pertiban paksa, Senin (13/5).

Dari pantuan di lapangan, puluhan lapak PKL di sepanjang trotoar jalan Menur Kota Ponorogo dibongkar paksa. Tidak hanya itu, lapak PKL di trotoar jalan Jaksa Agung juga tidak lepas dari penertiban petugas.

Kabid Penegakkan Peraturan Daerah Satpol-PP Ponorogo Winarno mengatakan, pihaknya terpaksa melakukan tindakan tegas, lantara berulang kali diperingatkan tapi tidak diindahkan oleh pedagang. Pendirian lapak PKL di atas trotoar jalan ini diklaim melanggar Peraturan Daerah ( Perda) Nomor 5 tahun 2011 tentang ketertiban umum dan kenyamanan masyarakat.” Ini sudah kita peringatkan berulang kali. Makanya kita bongkar paksa. Lapak ini juga mengganggu pengguna jalan,” ujarnya.

Winarno mengungkapkan, pihaknya juga memberi teguran keras bag PKL yang kedapatan masih berjualan di atas trotoar. Bahkan bila tetap nekat berjualan permanen di atas trotoar maka pihaknya akan membongkar paksa lapak tersebut.” Kita juga tegur yang masih jualan ini. Kalau nekat jualan terus akan kita bongkar,” pungkasnya.

Reporter Zainul Rohman

Editor Achmad Saichu

Follow Untuk Berita Up to Date