KPUD Kota Blitar Optimis PPK dan PPS Bekerja Optimal

Blitar, Koran Memo – Usai memberikan bimbingan teknis terkait tugas dan fungsi dari para Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) maupun Panitia Pemungutan Suara (PPS) yang ada di Kota Blitar, Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) optimis kinerja mereka saat Pemilukada akan berjalan dengan baik.

Ketua KPU Kota Blitar, Setyo Budiono, mengatakan KPU sudah memberikan Bimbingan Teknis (Bimtek) untuk 78 panitia. “15 PPK dan 63 PPS sudah diberikan Bimtek. Jadi KPU yakin kinerja mereka sangat baik pada Pilkada nanti,” ungkapnya, Senin (1/6).

Menurutnya, bimbingan teknis yang diberikan diantaranya terkait tata kerja PPS dan PPK. Teknisnya dalam pemilu dan masalah pertanggungjawaban anggaran. Dari bimbingan teknis kemarin pihaknya menjelaskan jika para PPK dan PPS di Kota Blitar sangat memahami. Pasalnya, sebagian besar para peserta merupakan wajah-wajah lama dari anggota PPK maupun PPS.

Dia menambahkan, KPUD Kota Blitar dalam menyukseskan Pilkada nanti tidak hanya memberikan sekali bimbingan teknis pada para panitia PPK dan PPS. “Bimtek yang sudah diberikan masih secara umum, selanjutnya akan ada Bimtek kembali untuk setiap tahapan pelaksanaan Pilkada ini,” ujarnya.

Seperti diberitakan sebelumnya, KPU Kota Blitar siap menyukseskan pilkada serentak khususnya dalam Pemilihan Walikota Blitar yang dilaksanakan pada 9 Desember 2015 mendatang. Setelah melakukan pelantikan Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dan Panitia Pemungutan Suara (PPS), KPU Kota Blitar mulai persiapkan tahapan pelaksanaan seperti pemutakhiran data pemilih. “Secara teknis data pemilih akan diserahkan Kemendagri ke KPU Pusat. Selanjutnya jika sudah diterima KPU, maka akan dilakukan sinkronisasi dengan Daftar Pemilih Tetap (DPT) saat pelaksanaan Pilpres lalu,” jelasnya Setyo Budiono.(can)

Follow Untuk Berita Up to Date