KPU  Trenggalek Nyatakan Puluhan Bacaleg TMS

Trenggalek, koranmemo.com Puluhan bakal calon legislatif (bacaleg) di Kabupaten Trenggalek dipastikan tak dapat mengikuti kontestasi pemilihan legislatif (pileg), April 2019 mendatang. Pasalnya berdasarkan verifikasi terhadap perbaikan daftar dan syarat calon yang berlangsung 1 Agustus hingga 7 Agustus, sebanyak 21 bacaleg dinyatakan tidak memenuhi syarat (TMS).

Mayoritas puluhan bacaleg itu tidak dapat melengkapi syarat calon hingga batas waktu perbaikan pasca Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Trenggalek mengembalikan seluruh berkas bacaleg untuk melengkapi persyaratan pada 19 Juli hingga 31 Juli lalu. Sebelumnya sebanyak 430 berkas bacaleg dikembalikan oleh KPU untuk dilakukan perbaikan berkas pendaftaran.

“Baik yang sudah lengkap maupun belum memenuhi syarat (bms), kemarin kami kembalikan. Ini untuk mempermudah proses perbaikan sekaligus untuk mengantisipasi agar data tidak terselip di KPU,” ujar Yohanes Mustika Hadi, Kasubbag Hukum KPU Kabupaten Trenggalek, saat dikonfirmasi, Selasa (7/8).

Pria yang juga merangkap sebagai operator sistem informasi pencalonan (silon) itu menyebut, mayoritas bacaleg yang dinyatakan TMS itu belum melengkapi administrasi pencalonan yang sudah ditentukan. Padahal, sebelumnya sudah diberikan tenggat waktu untuk melakukan perbaikan terhitung sejak 19 Juli hingga 31 Juli lalu. Selain tidak dapat melengkapi berkas administrasi yang ditentukan, dia tidak menampik ada beberapa bacaleg yang mengundurkan diri.

“Pendaftaran pertama 4 Juli sampai 17 Juli sebanyak 430 bacaleg yang mendaftar. Kemudian ada proses perbaikan mulai 19 hingga 31 Juli. Setelah kami lakukan verifikasi pasca perbaikan, ini tadi hasilnya hanya 409 yang memenuhi syarat,” kata Yohanes.

Pasca menyusutnya jumlah peserta yang mengikuti kontestasi pileg di Kabupaten Trenggalek, saat ini terdapat sebanyak 409 bacaleg yang nantinya akan ditetapkan menjadi daftar calon sementara (DCS) pada 8 Agustus hingga 12 Agustus mendatang. Jumlah itu terdiri dari 250 bacaleg laki-laki dan 159 bacaleg perempuan.

“Ini masih ada tahapan berikutnya. Setelah ini penyusunan dan penetapan DCS. Nanti daftar calon tetap (DCT) akan diumumkan pada 21 September sampai 23 September setelah sebelumnya pada 14 September sampai 20 September dilakukan penyusunan dan penetapan DCT,” pungkasnya.

Reporter Angga Prasetya

Editor Achmad Saichu

Follow Untuk Berita Up to Date