KPU Temukan 800 Data Ganda Keanggotaan Parpol

Nganjuk, koranmemo.com – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Nganjuk menemukan data ganda pada keanggotaan partai politik (parpol) peserta Pemilu 2019. Sekitar 800 warga Nganjuk tercatat lebih dari satu keaggotaan parpol pada saat dilakukan proses verifikasi administrasi oleh KPU setempat.

Ketua KPU Kabupaten Nganjuk, Agus Rahman Hakim, saat dikonfirmasi membenarkan mengenai adanya keanggotaan ganda pada parpol peserta Pemilu 2019. Menurut dia, seharusnya setiap orang hanya diperbolehkan masuk sebagai anggota satu parpol. “Seharusnya setiap orang hanya boleh mendaftar pada keanggotaan satu parpol,” jelasnya.

Agus menyampaikan, temuan data ganda tersebut diketahui oleh pihak KPU ketika melakukan verifikasi administrasi keanggotaan parpol peserta Pemilu. Karena itu pihaknya meminta kepada parpol yang memiliki anggota masuk di partai lain, supaya memperbaiki data keanggotaannya.

Lebih jauh, Agus memaparkan, setelah melakukan verifikasi administrasi, selanjutnya KPU Nganjuk akan melakukan verifikasi faktual terhadap data yang diserahkan parpol. Ditegaskan, bagi parpol yang menyetorkan data keanggotaan di bawah seribu orang tidak akan bisa mengikuti Pemilu 2019 mendatang.

“Bagi parpol yang menyetorkan data keanggotaan di bawah seribu orang tidak akan bisa lolos mengikuti Pemilu 2019 di Kabupaten Nganjuk,” tegasnya.

Reporter: Andik Sukaca

Editor: Achmad Saichu

Follow Untuk Berita Up to Date

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.