KPK Telusuri 21  Aset Tanah Bupati Terpilih Syhari Mulyo 

Tulungagung, koranmemo.comPenyidikan terhadap kasus korupsi peningkatan infrastruktur jalan di Tulungagung dengan tersangka bupati terpilih Syahri Mulyo oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) terus berlanjut. Terbaru, lembaga anti rasuah tersebut mendatangi kantor Badan Pertanahan Nasional (BPN) Tulungagung pada Senin (27/8) siang untuk memeriksa aset tanah milik incumbent yang terpilih kembarli. Dari 21 aset tanah, KPK memfokuskan 13 aset.

“Ya kemarin dua anggota KPK mendatangi kantor kami,” kata Kepala BPN Tulungagung Eko jauhari kepada koranmemo.com.

Eko mengatakan, kedatangan KPK ke BPN Tulungagung tersebut untuk mengkroscek kepemilikan aset atau dokumen tanah atas nama Syahri Mulyo maupun keluarganya.

Menurutnya, sebelum datang ke BPN, KPK melalu Kanwil telah mengirimkan surat pemberitahuan. “Jadi seminggu sebelumnya mereka sudah memberitahu,” terangnya.

Dalam pemeriksaan yang berlangsung mulai pukul 13.00 WIB hingga pukul 14.30 WIB tersebut lanjut Eko, dirinya tidak bisa menerangkan secara detail apa saja yang dilakukan oleh KPK.

Namun, pihak KPK meminta menunjukkan 21 berkas aset tanah milik Syahri Mulyo baik yang beratas nama dirinya ataupun keluarganya. “Yang diminta tidak semua atas nama Syahri Mulyo. Namun ada dua lebih yang atas namanya,” jelasnya.

Eko melanjutkan, setelah dilakukan pemilahan, ternyata dari 21 berkas di buku tanah tersebut KPK hanya memeriksa 13. Dimana 13 buku tanah tersebut kemungkinan baru ada diatas tahun 1994 dan saat menjabat bupati. “Saya hanya melihat sekilas, tidak sempat melihat semuanya,” ujarnya.

Ditambahkan, selain memeriksa berkas KPK juga tampak memfoto buku tanah tersebut. Setelah dirasa cukup, kemudian pihak BPN memberikan tanda khusus. Menurutnya, penandaan tersebut untuk mengklarifikasi kelanjutan dari berkas tersebut.

“Seperti halnya di daerah lain, setelah melakukan pemeriksaan berkas KPK akan mendatangi lokasi,” tukasnya.

Reporter: Yoppy Sandra Wijaya

Editor Achmad Saichu

Follow Untuk Berita Up to Date