KPK Akan Lelang Mobil Mewah Milik Eks Walikota Madiun

Madiun, koranmemo.comKomisi Pemberantasan Korupsi (KPK) kembali akan melelang tiga mobil mewah milik eks Wakikota Madiun Bambang Irianto (BI). Hal tersebut disampaikan Kepala Rumah Penyimpanan Benda Sitaan Negara (Rupbasan) Surabaya, Suwanto.

Dikatakan, pada Agustus 2018 lalu, dari empat mobil milik BI yang dilelang di Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Madiun hanya satu unit yang laku terjual. Yaitu mobil Jeep Wrangler. “Saat ini masih ada tiga mobil  (milik Bambang,red) yang berada di Rubasan,” kata Suwanto ketika dihubungi wartawan, Selasa (25/6).

Ketiga mobil yang akan dilelang, yakni Range Rover tahun 2011, Mini Cooper tahun 2010, dan Hummer tipe H2 tahun 2010.

Sebelumnya mobil itu sempat dilelang pada Agustus tahun lalu, tetapi belum laku terjual karena harga limitnya cukup tinggi. Mulai Rp 358 juta sampai Rp 2,3 miliar.

“Saat ini masih proses appraisal ulang oleh KPKNL Madiun setelah enam bulan lelang yang pertama,” ujarnya.

Suwanto menyarankan KPK kembali berkoordinasi dengan KPKNL untuk menurunkan limit harga ketiga mobil tersebut. Meski begitu, pihaknya menjamin soal dokumen administrasi kendaraan, lengkap.

Berdasarkan syarat lelang barang rampasan dari hasil tindak pidana korupsi (tipikor), ada beberapa ketentuan yang harus dipenuhi oleh penawar. Seperti kewajiban menyetorkan uang jaminan. Uang itu akan dikembalikan 100 persen ke peserta yang ditunjuk sebagai pemenang lelang. “Mereka (KPKNL,red) nanti yang akan memproses lelangnya,” tuturnya.

Selain mobil, juga ada beberapa bidang tanah hasil rampasan dari Bambang Irianto yang akan dilelang. Yakni sebidang tanah dan bangunan di Jalan Sikatan, Kelurahan Nambangan Lor, Manguharjo, Kota Madiun seluas 4.002 meter persegi. Dan dua bidang tanah di Jalan Tanjung Raya, Kelurahan Manisrejo, Kecamatan Taman, Kota Madiun. Masing-masing seluas 493 meter persegi dan 2.769 meter persegi.

Reporter M.Adi Saputra/Juremi

Editor Achmad Saichu

Follow Untuk Berita Up to Date