Kodim dan Polres  Bangun Sinergitas Amankan Pilkada

Tulungagung, koranmemo.com Aparat keamanan utamanya Polres Tulungagung dan Kodim 0807 menjadi salah satu kunci keberhasilan dalam pengamanan pemilihan kepala daerah (pilkada) serentak yang dihelat 27 Juni mendatang. Untuk membangun sinergitas. Kedua instansi  tersebut menggelar berbagai event secara bersama-sama. Tujuanya untuk menjalin kerjasama yang inten dalam menghadapi berbagai persoalan pilkada.

Salan satu event yang digelar adalah jalan sehat  pada Sabtu (17/2) pagi. Jalan sehat yang diiukuti sekitar 1000 personel baik dari Polres dan Kodim mengambil start di Makodim Jalan Jaksa Agung Suprapto no 17 dan finish di Mapolres Jl Ahmad Yani Timur.

Peserta menempuh jarak sejauh sekitar 4 km dengan start di Makodim dan finis di  Jalan I Gusti Ngurah Rai.

Meski diikuti ribuan orang. Peserta jalan sehat tetap menjaga keteriban berbaris. Sekitar 45 menit berselang, peserta jalan sehat memasuki garis finish yakni di halaman Mapolres Tulungagung. Kedatangannya langsung di sambut lantunan lagu “Sayang” yang dibawakan oleh artis dari Kota Marmer dan diiringi orkes melayu New Barata.

Selain itu di sepanjang jalan dan halaman mapolres telah disediakan minuman dan aneka jajan pasar.  Tak ayal, para peserta jalan sehat dimanjakan layaknya sehabis pulang dari medan pertempuran.

Tampak rasa lelah dan penat para peserta langsung hilang. Bahkan, mayoritas peserta dari Kodim 0807 tak bisa menahan kaki dan badannya untuk bergoyang dan mendekat ke panggung untuk berjoget ria meski di tangannya masih membawa jajanan pasar.

Berkumpulnya pasukan doreng tersebut ternyata menarik perhatian peserta dari Polres Tulungagung dan TNI AL, yang akhirnya semuanya menyusul, berkumpul, membaur menjadi satu seakan mendapat komando untuk bergoyang bersama.

Acara semakin riuh tatkala, Kapolres Tulungagung AKBP Tofik Sukendar dan Dandim 0807 Letkol Czi Agung Isa Rahman dipanggul dan diarak menuju ke atas panggung untuk berjoget. Untuk membalas aksi tersebut, dari panggung dua pucuk pimpinan tertinggi di Polres dan Kodim 0807 tersebut melemparkan puluhan bingkisan ke anggota. Spontan pemandangan tersebut semakin meningkatkan antusias anggota untuk berjibaku dan ikut bergoyang bersama.

Seusai berjoget, seluruh peserta jalan sehat mengikuti bermacam perlombaan tradisional yang disiapkan meliputi tarik tambang, balap teklek, balap gendongan, dan permainan tahan bola dengan dua kepala.

Di penghujung acara, Kapolres dan Dandim memberikan hadiah utama berupa dua sepeda gunung, televisi 32 inch, dan sebuah lemari es kepada anggota yang bisa menjawab pertanyaan dari keduanya.

Kapolres Tulungagung AKBP Tofik Sukendar mengatakan, kegiatan ini bertujuan untuk memupuk sinergitas antara Polres dan Kodim 0807. Selain itu, hal ini sebagai bukti bahwa kedua pihak telah siap mengawal pilkada bupati/wakil bupati dan gubernur/wakil gubernur dengan aman, lancar, dam tertib.

“Tadi sudah lihat sendiri kan, mulai dari pimpinan hingga anggota semuanya kompak,” katanya.

Selain itu lanjut Tofik, kegiatan ini sebagai ajang “pemanasan” terhadap semua anggota. Memurutnya jika saat bertugas di lapangan menemukan masalah atau kendala, maka masing-masing anggota bisa menyelesaikan dan mencari solusi secara bersama-sama tanpa menimbulkan permasalahan baru.

“Tadi semua game di setting mengedepankan kerjasama tim,” ujarnya.

Tofik menambahkan, hingga kini pihaknya juga belum mendapat laporan terkait hal-hal yang mengganggu pelaksanaan pilkada. Pihaknya juga berharap proses demokrasi di Tulungagung bisa berjalan lancar, aman, dan tertib. Serta pemimpin yang terpilih nantinya bisa benar-benar membawa kebaikan di lima tahun berikutnya.

“Kami yakin proses demokrasi di Tulungagung akan berjalan sesuai yang diharapkan,” pungkasnya.

Reporter: Yoppy Sandra Wijaya

Editor: Achmad Saichu

Follow Untuk Berita Up to Date

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.