Klenteng Eng An Kiong Gelar Sembahyang Sang Sien

Share this :

Malang, koranmemo.com-Puluhan Umat Tionghoa atau Khong Hu Cu di Kota Malang menggelar upacara Sang Sien di Klenteng Eng An Kiong, yang berada di Jalan Martadinata 1, Kecamatan Klojen, Kota Malang, Jumat (9/2).

Sembahyang Sang Sien digelar untuk menyambut datangnya tahun baru Imlek 2569, yang dirayakan pada 16 Februari 2018 dan bertujuan untuk menghantarkan dewa dewi pergi ke langit, melaporkan perbuatan umat manusia pada Tuhan Yang Maha Esa.

Bonsu Anton Triono, Humas Klenteng Eng An Kiong Kota Malang mengatakan, upacara Sang Sien merupakan pengantaran para suci (Sien Bing) menuju ke kayangan. Upacara tersebut digelar seminggu sebelum datangnya tahun baru Imlek.

Para dewa diantarkan untuk melaporkan perbuatan umat manusia selama setahun di bumi ke kayangan. “Sembahyang mengantarkan para suci ke kayangan. Para dewa melaporkan apa yang dilakukan umat selama di dunia setahun lalu ke kayangan,” ungkapnya.

Ditambahkan, selama para dewa ke kayangan, bumi diyakini dalam keadaan kosong. Selama itu, pihak Klenteng akan membersihkan patung, altar dan rupang para dewa. Para Suci akan kembali ke bumi pada 4 hari setelah Imlek. Para Dewa akan datang dalam rangka merestui perbuatan-perbuatan umat di Bumi setahun ke depan. “Saat kedatangan para Dewa kembali ke bumi akan dilakukan kembali upacara Ciek Sen. Upacara tersebut sebagai peletakkan kembali para dewa,” ujarnya.

Sementara itu, para jemaah selanjutnya akan melakukan pembersihan para dewa secara bersama-sama. Umat akan membersihkan tempat ibadah mulai di rumah masing-masing dan di Klenteng Eng An Kiong ini juga. “Proses pembersihan dilakukan hingga tiga hari setelah Imlek atau menjelang datangnya Ciek Sen,” katanya.

Reporter: Yudha Kriswanto

Editor: Achmad Saichu

Facebook Comments
Follow Us

Leave a Reply

Be the First to Comment!

Notify of
avatar
wpDiscuz