Klaim BPJS Dinilai Lamban

Ngawi, Koran Memo – Dinas Kesehatan Kabupaten Ngawi mengeluhkan lambannya proses pembayaran klaim BPJS Kesehatan Ngawi terhadap sejumlah rumah sakit maupun Puskesmas. Klaim belum terbayar, yakni klaim kapitasi dan non kapitasi sejak Nopember 2015 sampai Maret 2016.

BPJS
BPJS

Hal itu diungkapkan Kabid Kesehatan Keluarga Dinkes Ngawi Heru Prastowo, Selasa (5/4).“Klaim untuk jasa rawat inap, jasa pelayanan rujukan dan persalinan belum terbayar Proses acc nya yang lambat di BPJS itu,” kata Heru Prastowo.

Menurut dia, proses pencairan sangat rumit, sehingga berdampak pada tertundanya penerimaan hak jasa pelayanan dari instansi kesehatan. “Proses verifikasi dilakukan sampai tiga lapis, terakhir di BPJS Madiun. Belum tentu klaim semua diterima, sehingga yang menanggung kerugian Puskesmas,” paparnya.

Pihaknya mengaku sudah menyampaikan permasalahan tersebutke BPJS Cabang Ngawi dan ke Asisten Satu bidang Pemerintahan Budiono. Rencananya akan diadakan mediasi untuk mencari pemecahan masalah tersebut. “Kasihan tenaga kesehatan yang kewajibannya jalan, tapi haknya belum dapat,” ucapnya.

Sementara itu, Kepala BPJS Ngawi Elli Utami, mengatakan permasalahan terkait proses pencairan klaim karena dibutuhkan proses verifikasi. Selain itu, akibat Puskesmas lambat melakukan perbaikan berkas klaim. “Sudah kita sampaikan ke BPJS Madiun dan akan segera dicarikan solusinya,” ujarnya. (dik/jur).

 

Follow Untuk Berita Up to Date