Ketua DPRD  Macung Bupati Madiun, PKB Belum Tunjuk Pengganti 

Share this :

Madiun,  koranmemo.com-Ketua DPC PKB Kabupaten Madiun Muhtarom memilih tak buru-buru untuk menunjuk kadernya sebagai pengganti Djoko Setijono ketua DPRD setempat. Djoko harus mengundurkan diri sebelum masa jabatannya habis lantaran turut mengikuti pertarungan dalam Pilbup (pemilihan bupati) Maupun 2018.

Pihaknya masih menunggu surat keputusan (SK) pemberhentian Djoko dari Gubernur Jatim Soekarwo. ‘’Soal pengganti, kami belum pilih nama,’’ kata Mbah Tarom sapaan akrabnya yang juga Bupati Madiun ini.

Dikatakan, untuk menunjuk pengganti tersebut juga harus melalui musyawarah kerja (musker) DPC PKB. Meski ada 13 kader yang duduk di dewan, namun dia juga tidak menjamin, yang menggantikan Djoko adalah pemegang perolehan suara terbanyak setelah Djoko Setijono Pileg 2014 lalu.‘’Meskipun suaranya terbanyak kedua, tapi belum tentu mutlak jadi kandidat,’’ terangnya.

Terpisah, Ketua KPU Kabupaten Madiun Wahyudi mengatakan, pergantian anggota DPRD  mendasar pada PKPU Nomor 6 Tahun 2017 tentang Penggantian Antarwaktu Anggota DPR, DPRD Provinsi/Kabupaten/Kota. ‘’Tentunya diambil dari pemegang suara terbanyak dibawahnya (Djoko, red),’’ jelasnya.

Diakui Wahyudi, surat pengunduran diri Djoko sudah diterimanya dari sekreatriat DPRD Kabupaten Madiun. Begitu pula dengan pasangannya Suprapto yang juga harus mundur dari posisinya sebagai sekretaris Komisi C DPRD Kabupaten Madiun. ‘’Ini salah satu syarat dalam pendaftaran juga,’’ terangnya.

Sedangkan SK pemberhentian dari Gubernur Jatim, jelasnya,  sudah harus dipenuhi 30 hari sebelum hari H pemungutan suara 27 Juni mendatang. Jika tenyata Gubernur Jatim tidak menyetujui pengunduran diri para legislator tersebut, maka pihak parpol diperbolehkan untuk mengganti cabup dan cawabup yang diusungnya. ‘’Karena tidak bisa menunjukkan SK pemberhentian, terpaksa kami coret,’’ pungkasnya.

Reporter: Juremi

Editor: Achmad Saichu

 

Facebook Comments
Follow Us

Leave a Reply

Be the First to Comment!

Notify of
avatar
wpDiscuz