Ketersedian Bibit Stroberi Minim, Petani Pilih Tanam Lainnya

Batu, koranmemo.com – Desa Pandanrejo, Kecamatan Bumiaji, Kota Batu adalah salah satu sentra petik stroberi yang sebenarnya memiliki potensi untuk berkembang lebih besar. Namun, saat ini para petani stroberi semakin berkurang lantaran minimnya ketersediaan bibit stroberi untuk ditanam. Hal inilah yang dikeluhkan oleh para petani di wilayah tersebut, Minggu (6/5).

Suwaji, salah satu petani stroberi mengatakan, para petani saat ini banyak yang pindah untuk berkebun atau menanam sayuran karena sulitnya mencari bibit stroberi. “Di sini sekarang banyak yang pindah jadi petani sayur, karena bibitnya tidak ada. Jadi solusinya mereka tanam yang lainnya seperti sawi maupun seledri yang gampang,” ungkapnya.

Menurutnya, saat ini tidak mudah mengembangkan bibit stroberi. Sebab hasil pengembangan tanaman stroberi saat musim penghujan tidak dapat maksimal. Musim penghujan yang intensitasnya lebih menyebabkan bibit tanaman stoberi berkualitas buruk. “Sebelumnya musim hujan, dan ketika musim hujan itu tanaman mengembangkannya sulit dan hasilnya buruk, sehingga calon bibit yang akan dikembangkan tidak bisa maksimal,” paparnya.

Dia menambahkan, bagi para petani stroberi yang tidak menanam stroberi pada saat memasuki musim kemarau, mereka berpindah menanam sayur. Sayuran yang ditanam meliputi bawang prei, kol, jagung, sawi dan sebagainya. “Ada juga yang mulai beralih ke tanam bunga, seperti bunga krisan dan peacock” ungkapnya.

Reporter : Yudha Kriswanto

Editor : Della Cahaya

Follow Untuk Berita Up to Date