Kesigapan Sistem Pengamanan Pemilu 2019, Kapolres Sebut Garum Daerah Rawan

Blitar, koranmemo.com – Simulasi Pengamanan Pemilu 2019 yang digelar Polres Blitar,Jumat (22/03) pagi berlangsung sukses dan lancar. Walaupun ada beberapa aksi penghadangan kotak suara yang akan dikirim dan hasil penghitungan yang tidak diterima salah satu tim sukses .Hingga terjadi demo besar-besaran di kantor KPU. Semua berjalan dengan aman dan lancar.

Hal ini sesuai dengan arahan Kapolres Blitar AKBP Anisullah M Ridha SIk yang meminta agar dalam pelaksanaan sispamkota ini bisa dilaksanakan dengan sebaik-baiknya dan tanpa ada canda gurau.

Kapolres Blitar AKBP Anissullah M Ridha SIk mengatakan simulasi pengamanan ini harus dilaksanakan dengan sungguh-sungguh mengingat segala bentuk ancaman dapat terjadi kapan saja.

“Seiring dengan kemajuan zaman dan teknologi, sikapi setiap permasalahan sedini mungkin. Tanggap dan tindak lanjuti laporan dari masyarakat cepat dan sikap datangi TKP,” ujarnya.

Dalam melaksanakan tugas ini Polri dituntut untuk meningkatkan kebersamaan dan profesionalisme selaku anggota Polri agar tetap siap siaga dan mengikuti perkembangan situasi sebagai kesiapan menghadapi eskalasi ancaman yang mengarah pada situasi kontijensi.

“Mari kita bersama-sama menyatukan tekad dan komitmen serta menjaga netralitas dalam rangka mengawal, mengamankan dan menyukseskan pemilu 2019 yang aman, damai dan sejuk tanpa ada gangguan kamtibmas,” katanya.

Dalam keterangan Kapolres yang dilaksanakan tersebut, diketahui data yang diperoleh Polres Blitar menyiapsiagakan 500 personil Polri, 128 personel TNI yang disebar di 3.233 TPS dari 171 Desa diwilayah hukum Polres Blitar.

” Namun tidak menutup kemungkinan semua personel Polri Polres Blitar sebanyak 770 personel, kita berharap Pemilu 2019 ini aman, lancar dan sukses, ” imbuhnya.

Selain itu, ada beberapa lokasi TPS yang sementara dikategorikan rawan karena beberapa kali proses pemilu selalu terjadi kerawanan. “Untuk daerah yang dianggap rawan ada 1 yaitu di wilayah Garum,” terangnya.

Reporter Arief juli prabowo

Editor Achmad Saichu

Follow Untuk Berita Up to Date