Kepengurusan KTNA Kabupaten Kediri Dikukuhkan

Kediri, koranmemo.com – Pengurus dan anggota Kelompok Tani dan Nelayan (KTNA) Kabupaten Kediri periode 2019-2024 dikukuhkan oleh H. Faturahman Sekretaris KTNA Propinsi Jawa Timur, Rabu (13/3) di Hall Convention Center (HCC) Simpang Lima Gumul (SLG).

Hadir dalam kegiatan pengukuhan ini H.Sulkani Ketua DPRD Kabupaten Kediri sekaligus pengurus KTNA Kabupaten  Kediri, Anang Widodo Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Kediri, perwakilan dari Dinas Perikanan dan seluruh pengurus dan anggota KTNA Kabupaten Kediri berjumlah 80 orang.

Anang Widodo Kepala Dinas Pertanian dan Perkebunan (Dispertabun) Kabupaten Kediri mengatakan KTNA adalah lembaga informal yang bermitra dengan Dinas Pertanian dan petani di Kabupaten Kediri. Setiap lima tahun sekali KTNA Kabupaten Kediri ada pergantian pengurus KTNA.

“KTNA ini adalah lembaga informal yang memiliki DPP dan DPD dan  KTNA ini terdapat sub bidang dan ada enam wakil ketua yang mendukung ketua. Tujuh Sub bidang tersebut adalah bidang pangan, holtikultura, organik, usaha tani, kelompok wanita tani dan pemuda tani,” jelasnya.

Sedangkan tujuanya adalah sebagai forum kumunikasi sebagai pendamping pemerintah yang ada di masyarakat. Untuk fungsinya sebagai penjembatan kumunikasi dengan petani dan bisa diberdayakan dalam memback up kebijakan-kebijakan Dinas Pertanian untuk dilakukan penyuluhan pertanian.

“Peran KTNA di Kabupaten Kediri sangat vital dan bisa lebih kumunikatif dengan Dinas Pertanian dengan tujuan sama dan bersama untuk menyesejahterakan petani di Kabupaten Kediri. Karenanya peningkatan sinergi ditingkatkan lebih maksimal,” katanya.

H.Sulkani Ketua DPRD Kabupaten Kediri mengatakan keberadaan KTNA tetap bisa bersinergi dalam menyongsong pembangunan di bidang pertanian. KTNA juga harus bisa menyelaraskan pembangunan di bidang swasembada pertanian seperti swasembada gula dan lainya. Kinerja kedepan agenda lima tahunan semakin ditingkatkan capaiannya.

“ Yang utama peningkatan sinergitas dengan petani di Kabupaten Kediri harus semakin maju dan ditingkatkan. Perkembangan petani di Kabupaten Kediri harus dikedepankan dan perlunya untuk koordinasi dalam pengembangan pertanian dan utamanya pembangunan misi dan visi pembangunan pertanian di Kediri,” jelasnya.

H.Faturahman S.Pd Sekretaris KTNA Propinsi Jawa Timur mengatakan dengan pengukuhan KTNA di Kabupaten Kediri akan lebih maju untuk lima tahun mendatang. Saling mendukung untuk mensukseskan pembangunan di bidang pertanian di Kabupaten Kediri. Di Jawa Timur untuk KTNA ada 38 Kota dan Kabupaten.
“Kita optimis bahwa kedepanya kepengurusan ini semakin maju dan solid. Terlebih dengan keberadaan H.Sulkani Ketua DPRD Kabupaten Kediri sebagai pengurus KTNA Kabupaten Kediri. Jalin kumunikasi dengan mitra kerja berkelanjutan,” ujarnya.

Reporter Bakti Wijayanto

Editor Achmad Saichu

Follow Untuk Berita Up to Date