Kenali Penyebabnya dan Cegah Penyakit Beri-Beri!

Koranmemo.com – Penyakit beri-beri  adalah penyakit yang disebabkan karena tubuh kita kekurangan vitamin B1.  Vitamin B1 berfungsi untuk membentuk glukosa yang digunakan untuk menghasilkan energi dan menjaga fungsi tubuh.

Jadi vitamin B1 ini mempunyai peran penting untuk proses produksi energi dalam tubuh kita.  Jika tubuh kita tidak mendapat cukup asupan vitamin B1, maka tubuh kita akan mudah lelah dan terserang beri-beri.

Beri-bei terdiri dari 2 jenis, yaitu beri-beri basah dan beri-beri kering.  Beri-beri basah memengaruhi kinerja jantung dan sistem sirkulasi tubuh, sedangkan beri-beri kering yang tidak segera ditangani bisa menyebabkan kerusakan saraf.

Gejala beri-beri basah ini bisa dilihat dari napas yang pendek saat beraktivitas, terbangun di tengah malam dengan napas terengah-engah, denyut jantung meningkat, dan juga kaki menjadi bengkak.

Sedangkan gejala beri-beri kering, antara lain penurunan fungsi otot terutama di kaki bagian bawah, kaki dan tangan kesemutan, nyeri di sekujur tubuh, dan kesulitan bicara.

Untuk mengatasi penyakit beri-beri, ada beberapa langkah yang bisa dilakukan.  Kita bisa pergi ke dokter dan nantinya akan diberikan obat baik suntikan maupun pil agar kebutuhan vitamin B1 teman-teman tercukupi.

Sedangkan untuk mencegahnya, teman-teman juga bisa, nih, melengkapi kebutuhan vitamin B1 dengan memakan beberapa jenis makanan. Beberapa sayuran seperti kacang polong, sayur bayam, dan biji-bijian mengandung vitamin B1 yang baik untuk tubuh.

Selain itu, daging, ikan, produk susu, gandum, dan sereal sarapan yang kaya vitamin B1 juga bisa teman-teman konsumsi agar terhindar dari penyakit beri-beri.

Editor:  Della Cahaya

Follow Untuk Berita Up to Date