Kenali 4 Tingkatan Status Gunung Berapi!

Koranmemo.com – Status Gunung Anak Krakatau dinaikkan menjadi siaga level III setelah sebelumnya berstatus waspada.  Perubahan status ini disebabkan aktivitas Gunung Anak Krakatau yang terus meningkat sejak Rabu (27/12) sore.

Naiknya status Gunung Anak Krakatau menjadi siaga level III membuat raidus bahaya diperluas dari sebelumnya dua kilometer menjadi lima kilometer.

Hingga saat ini, Tim Tanggap Darurat Erupsi Gunung Anak terus memantau visual aktivitas Gunung Anak Krakatau di pos pantau Pasauran, Cinangka, Kabupaten Serang.

MAsyarakat tetap diimbau untuk tetap tenang, namun waspada.  Oleh karena itu, kenali empat tingkatan status gunung berapi, sebagai berikut:

  1. Aktif Normal

Status ini artinya gunung berapi yang diamati tidak mengalami perubahan aktivitas secara visual, seismik, dan kejadian vulkanik.

Sehingga ini menandakan gunung berapi cukup aman dan tidak meletus hingga waktu tertentu.

  1. Waspada

Status ini menandakan sebuah peningkatan aktivitas gunung berapi dan mulai muncul kejadian vulkanik.

Di sekitar kawah akan terlihat perubahan visual serta mulai terjadi gangguan tektonik, magma, atau hidrotermal (cairan panas yang naik dari magma yang mendingin).

Namun, status ini juga berarti gunung berapi masih dalam tahap aman karena diperkirakan tidak akan meletus dalam waktu tertentu.

  1. Siaga

Status ini menandakan bahwa terlihat jelas perubahan baik secara visual atau pun perubahan aktivitas kawah.

Biasanya kondisi ini diikuti dengan letusan utama. Ini artinya jika peningkatan kegiatan gunung berapi terus berlanjut, maka kemungkinan akan melutus cukup besar.

  1. Awas

Ini adalah status yang menunjukkan bahaya.  Kondisi ini biasanya ditandai dengan letusan utama, yang kemudian dilanjutkan dengan letusan awal beserta semburan abu dan uap. Setelah itu akan ada letusan besar.

Editor:  Della Cahaya Praditasari

Follow Untuk Berita Up to Date