Kembangkan Tenun Ikat Bandar Kidul Lewat Berbagai Event Fashion

Share this :

Kediri, koranmemo.com – Tenun Ikat Bandar Kidul Kota Kediri semakin diminati wisatawan lokal maupun asing. Padahal sebelumnya tenun ikat yang telah ada sekitar tahun 1950 an tersebut sudah pernah mengalami kemunduran drastis, yakni ketika terjadi krisis moneter pada tahun 1998. Kebangkitan tenun ikat Bandar Kidul memang tak lepas dari dukungan Pemerintah Kota Kediri selama kepemimpinan Abdullah Abu Bakar Wali Kota Kediri.

Sebelumnya, di Kota Kediri tidak banyak produk unggulan yang dapat dikenal oleh masyarakat luar daerah. Seperti julukannya di kota yang dilintasi Sungai Brantas yang terkenal merupakan produk Tahu Takwanya. Tapi berbeda dengan 3 tahun belakang, Kota Kediri memiliki produk unggulan lainnya.

Salah satu produknya adalah Tenun Ikat Bandar Kidul.

Kini kain yang diolah secara manual dengan alat tenun  tradisional ini sudah banyak diminati banyak orang. Hal tersebut dikarenakan dukungan Pemkot Kediri untuk mengenalkan serta mengkampanyekan untuk mengenakan Tenun Ikat Bandar Kidul.

“Pada tahun 2015 lalu seluruh instansi pemerintah sudah diwajibkan untuk mengenakan kain tenun setiap Kamis,” ujar Abdullah Abu Bakar, Wali Kota Kediri.

Hal tersebut memang sangat berimbas dalam perkembangan tenun ikat di Kota Kediri. Terbukti pesanan kain, kian waktu semakin bertambah, tapi pasti dalam permintaan yang tinggi tidak dapat dibarengi dengan produksinya. Sebab pada saat itu peralatan dan pembuat Tenun Ikat Bandar Kidul juga masih terbatas.

Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian Kota Kediri, Yetty Sisworini, melalui Kepala Bagian Industri, Sulaiman, menjelaskan pengrajin tenun ketika itu memang kualahan untuk memenuhi permintaan. Untuk mendukungnya pemkot mengusahakan untuk memberikan bantuan berupa alat tenun pada kelompok Tenun Ikat Bandar Kidul.

“Karena memang Ikat Bandar Kidul memang murni buatan tangan, jadi ketika ada banyak pesanan pengrajin masih kualahan. Maka dari itu digunakan sisetem kelompok dan juga diberikan bantuan alat tenun,” ujarnya.

Tak berhneti di situ, Pemkot Kediri juga mempromosikan tenun ikat melalui event-event lokal hingga internasional. Seperti pada Desember lalu, diadakan fashion show Tenun Ikat Bandar Kidul berkolaborasi dengan designer ternama.(adv/pemkotkediri)

Reporter: Dhita Septiadarma

Editor: Achmad Saichu

Facebook Comments
Follow Us

Leave a Reply

Be the First to Comment!

Notify of
avatar
wpDiscuz