Kelompok Tani Desa Porong Demo Lahan Milik Sun City

Sidoarjo, koranmemo.com Puluhan petani dari kelompok Tani Kenongo Indah dan Gapoktan, Kecamatan Porong, Sidoarjo kembali melakukan aksi demo di area lahan sawah daerah setempat, Rabu, (31/1/2018)

Di lahan seluas 4 hektar itu, para pendemo meluapkan perasaan kekecewaanya dengan membawa beberapa poster yang bertuliskan, “Sun City jangan sewenang-wenang dengan petani kami juga orang Bupati” Sembari berteriak yel-yel, “kami petani perlu makan, jangan tindas petani”

Tak hanya itu, ungkapan kekesalan para petani di lahan yang diduga milik Sun City tersebut yang saat ini ditanami pohon trembesi itu dengan menancapkan beberapa tulisan poster di lahan persawahan ini.

Terlihat, sebagian petani juga mengusir dan melarang para pekerja dari Sun City untuk melakukan penanaman pohon kembali.

” Kami kesal mas atas perlakuan Sun City pada petani, karena telah melanggar kesepakatan bersama yang sudah disepakati. Sebab, lahan sawah itu masih produktif, ” ujar H. Sunyoto, Ketua Kelompok Tani Kenongo Indah, Rabu, (31/1/2018).

Terpisah, Munika kepala kelurahan Juwetkenongo menyatakan, pihaknya sudah beberapa kali berkoordinasi dengan pihak Sun City untuk musyawarah dengan petani namun selalu tidak berhasil.

Hingga, lanjut Munika, terjadi seperti saat ini yakni penanaman pohon trembesi yang dilakukan sepihak di beberapa titik. Lokasinya, imbuh Munika, bersebelahan dengan lahan persawahan milik petani desa.

“Memang, pada dasarnya lahan tersebut milik Sun City. Petani meminta izin atau permisi dari pihak Sun City dan jangan melanggar kesepakatan bersama seperti ini,” paparnya

“Pihaknya  akan jadwalkan rapat antara kelompok petani dengan pihak Sun City di Kelurahan Juwet kenongo pada tanggal 01 Februari 2018. “Semoga ada kesepatan dan jalan baik,” pungkasnya.

Reporter: Yudhi Ardian
Editor: Achmad Saichu

 

Follow Untuk Berita Up to Date

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.