Kelompok Jurnalis WAJAH Sidoarjo Gelar Seminar Anti Korupsi

Sidoarjo, koranmemo.com – Kelompok jurnalis yang biasa melakukan peliputan di Kejaksaan Sidoarjo, Pengadilan Negeri Sidoarjo dan Pengadilan Tipikor, Jawa Timur akan menggelar seminar nasional Anti Korupsi. Acara ini akan digelar di Sun Hotel Sidoarjo pada Jumat, 19 Januari 2018 mendatang.

Acara Seminar yang digagas Kelompok kerja (Pokja) Wartawan Jaringan Hukum (WAJAH) Sidoarjo bekerja sama dengan Kejari Sidoarjo dan kantor Advocad Ahmad Riyadh UB ini akan menghadirkan enam narasumber.

Mereka yang akan mengisi materi adalah Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Sidoarjo Budi Handaka SH MH, Kapolresta Sidoarjo Kombes Pol Himawan Bayu Aji, Bupati Sidoarjo H Saiful Ilah, Ketua DPRD Sidoarjo Sulamul Hadi Nurmawan, dan Pakar Ilmu Hukum Ahmad Riyadh UB.

Tak hanya itu Anggota DPR RI dari Komisi III yakni Adies Kadir juga turut hadir sebagai Keynote Speaker, acara seminar itu nantinya akan di moderatori oleh wartawan senior S. Makin Rahmat, S.H.

“Peserta Seminar tidak dipungut biaya alias gratis, seminar ini merupakan rangkaian acara memperingati hari anti korupsi sedunia pada 9 Desember 2017 lalu kerjasama Kejari Sidoarjo, Kantor Advocad Ahmad Riyadh dan kami ( Pokja Wajah),” kata Nanang Ichwan Ketua Pokja Wajah Sidoarjo, Senin (15/1/2018).

Ditambahkan, dalam seminar yang mengambil tema “Membangun Generasi Anti Korupsi dan Mengenalkanya Sejak Dini” tersebut akan mengupas tuntas akar permasalahan terjadinya korupsi dan pencegahanya.

“Para narasumber nanti akan mengupas permasalahan korupsi, bagaimana bisa terjadi tindak pidana korupsi, bagaimana pencegahanya dan yang terpenting adalah membangun mental Anti Korupsi,” imbuhnya

Ditambahkan peserta seminar nanti dari kalangan pejabat hingga pelajar di Kota Delta. “Kami mengundang Forkopimda, kepala SKPD Pemkab Sidoarjo, para camat, kepala desa di Sidoarjo, organisasi masyarakat, pelaku usaha dan seluruh kepala sekolah, guru, mahasiswa serta pelajar,” paparnya.

Sementara itu, salah satu pembicara yakni Kepala Kejaksaan Negeri Sidoarjo, Budi Handaka SH MH mengaku antusias dengan kegiatan seminar yang digagas Pokja Wajah Sidoarjo ini, karena sangat penting mengenalkan sejak dini Anti Korupsi.

“Penanganan kasus korupsi itu bisa dikatakan berhasil jika Pengadilan Tipikor sepi sidang, berarti tidak ada tindak pidana korupsi. Untuk itu memang sangat penting pendidikan anti korupsi dikenalkan sejak dini ke kalangan masyarakat agar mereka paham jika korupsi itu merugikan negara dan pasti ditindak tegas,” kata Budi

Pria yang pernah menjabat Aspidum Kejati NTT tersebut berharap lewat seminar anti korupsi yang akan di gelar pada 19 Januari itu akan menjadi pintu masuk dalam memberi pemahaman kepada seluruh pejabat di Kabupaten Sidoarjo tentang pencegahan tindak pidana korupsi.

“Saya sejak pertama menjabat Kajari Sidoarjo hanya ingin kerja yang baik melayani masyarakat. Penegakan hukum sebisa mungkin dilakukan secara preventif. Pencegahan tindak pidana korupsi itu lebih penting, makanya kami (Kejari) terus menyosialisasikan Tim Pengawal, Pengamanan Pemerintah dan Pembangunan Daerah (TP4D),” harapnya.

Hal senada juga diungkapkan Kapolresta Sidoarjo, Kombes Pol Himawan Bayu Aji, lewat MoU Polresta dan Pemkab Sidoarjo terkait pengawasan Dana Desa pihaknya ingin tidak adalagi perangkat desa yang terjerat masalah hukum penyalagunaan dana desa.

“Anggota Babinkamtibmas disetiap Polsek akan ikut memantau, mengawasi pemakaian dana desa agar tidak ada penyalahgunaanya yang pasti nantinya akan berujung pada tindak pidana korupsi perangkat desa. Saya berharap semua kepala SKPD Pemkab Sidoarjo, kepala desa se- Sidoarjo ikut dalam kegiatan seminar anti korupsi pada 19 Januari 2018 besok,” pungkasnya.

Reporter: Yudhi Ardian

Editor: Achmad Saichu

Follow Untuk Berita Up to Date

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.