Kejari Sidoarjo Sita Rumah Direktur PDAU

Sidoarjo, koranmemo.com – Tim Penyidik Kejaksaan Negeri (Kejari) Kab. Sidoarjo, Jawa Timur hari ini Senin (7/8) menyita rumah milik tersangka Direktur Perusahaan Daerah Aneka Usaha (PDAU), Amral Soegianto sebagai barang bukti dalam proses persidangan.

Hal tersebut seperti diungkapkan Kasi Intel Kejari Sidoarjo, Andri Tri Wibowo usai melakukan penyitaan rumah pribadi seluas 84 meter persegi yang terletak di perumahan Puri Indah Asri Blok CT No.16 Desa Suko, Sidoarjo.

“Penyitaan ini untuk barang bukti dalam persidangan nantinya, artinya hal ini kami lakukan sebagai upaya aset recovery terkait perkara korupsi dengan mengakibatkan kerugian keuangan negara,” ucapnya usai melakukan penyitaan rumah tersebut, Senin, (07/08/2017) sekitar pukul 15.30 WIB.

Dengan membawa surat perintah penyitaan terhadap rumah milik tersangka Direktur PDAU tersebut penyidik kejari Sidoarjo juga terus melakukan proses pemberkasan terhadap keempat tersangka yang lain.

“Selain fokus terhadap pengembalian kerugian keuangan negara, saat ini kami juga melakukan proses pemberkasan sehingga dapat dilimpahkan ke Jaksa Penuntut Umum,” tegasnya.

Seperti yang diberitakan sebelumnya, Direktu PDAU, Amral Soegianto ditahan bersama Siti Winarni Bendahara sekaligus Kepala Unit Delta Gas dan Imam Junaidi Kepala Unit Delta Grafika. Demikian halnya dengan H. Khoirul Huda Ketua Pansus PDAU (perubahan PD menjadi PT) dari DPRD Sidoarjo juga ditahan karena diduga ada bukti aliran dana mengalir kepadanya dari PDAU senilai Rp 75 juta.

Lebih lanjut, dalam proses pengembangan perkara, tim penyidik Kejari Sidoarjo juga telah menetapkan tersangka ke lima yakni Yuli. Peran Yuli yakni membuat laporan keuangan dalam setiap tahun di PD Aneka Usaha, ada dugaan kuat dimanipulasi.
Tim Kejari Sidoarjo menyidik kasus pengelolaan keuangan PDAU tahun 2010 – 2016 yang diduga ada penyelewengan atau dugaan korupsi di unit usaha di PD Aneka Usaha seperti unit usaha Delta Gas (pengelolaan gas), Delta Grafika (percetakan) dan Delta Properti (pengelolaan dan penyewaan aset Pemkab Sidoarjo).
Reporter: Yudhi Ardian
Editor: Achmad Saichu
Follow Untuk Berita Up to Date

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.