Kejari Madiun Tegaskan TP4D Bukan Bumper Proyek

Madiun, koranmemo.com – Kejaksaan Negeri (Kejari) Kota Madiun menyatakan, keberadaan Tim Pengawal, Pengaman Pemerintah dan Pembangunan Daerah (TP4D) bukan pelindung proyek pemerintah. Sehingga, jika ada organisasi perangkat daerah (OPD) yang meminta pendampingan suatu kegiatan, agar tidak serta-merta mengasumsikan bahwa TP4D sebagai bumper suatu proyek pemerintah.

“TP4D itu bukan bumper proyek,” kata Kasi Intelijen Kejari Kota Madiun, Wartajiono Hadi, Rabu (8/5).

Menurutnya, langkah pasang badan TP4D tersebut, hanyalah untuk meminimalisir adanya tindakan rasuah. Karena sesuai dengan tujuan awal dibentuknya TP4D, yakni melakukan upaya-upaya pencegahan preventif dan persuasif dalam suatu kegiatan pemerintah.

Seperti memberikan penerangan dan penyuluhan hukum, dilingkungan instansi pemerintah maupun BUMN/BUMD. Pun, Kejaksaan tidak akan mengawal hingga ke ranah teknis kegiatan. “Tugas kita (TP4D,red) jelas melakukan upaya pencegahan, bukan sebagai tameng,” ujarnya.

Hadi menegaskan, meski proyek pemerintah mendapatkan pendampingan TP4D, tetap saja berpotensi masuk ke ranah hukum. Jika, saran dan masukkan yang diberikan TP4D, tidak dijalankan oleh OPD tersebut. Apalagi, menyalahi aturan yang berlaku. “Kita bisa melaksanakan penegakan hukum represif ketika ditemukan bukti permulaan yang cukup,” terangnya.

Sampai saat ini, tidak semua proyek pemerintah mendapatkan pendampingan dari TP4D. Kegiatan-kegiatan yang menjadi prioritas pendampingan Kejaksaan itu, hanyalah untuk proyek-proyek strategis daerah saja. “Tidak semua proyek yang diajukan itu, kita setujui untuk didampingi. Bahkan ada pengajuan (pendampingan,red) yang kita tolak,” ujarnya.

Hingga awal bulan Mei ini, tercatat sudah ada 23 proyek yang diajukan OPD untuk didampingi. Besar kemungkinan jumlah itu bakal bertambah. Namun, TP4D belum bisa memutuskan proyek mana saja yang akan mereka dampingi. “Kita telaah dulu pengajuan pendampingan ini,” tandasnya.

Reporter M.Adi Saputra/Juremi
Editor Achmad Saichu

Follow Untuk Berita Up to Date