Kegiatan Belajar Berlangsung Meski Ruang Kelas Berlumpur

Blitar, koranmemo.com – Kegiatan Belajar Berlangsung meski hujan deras yang melanda wilayah Blitar Selatan mengakibatkan gedung Sekolah Dasar (SD) Bululawang 2 di Kecamatan Bakung, Kabupaten Blitar terendam banjir. Aliran air hujan bercampur material lumpur dari atas bukit di belakang gedung sekolah masuk, dan menggenang di ruangan kelas.

“Kegiatan belajar tetap kita lakukan, lumpur ini disebabkan karena air dari atas bukit belangkang sekolah itu masuk kesini, karena tidak ada tanggul, air bercampur lumpur masuk ke ruang kelas sekolahan,” ungkap Suminto, selaku Kepala SDN Bululawang 02, Rabu (16/01/2019).

Sebelum surut, air masu ke dalam ruangan kelas hingga mencapai ketinggian sekitar 20 hingga 30 centimeter. Genangan air itu, menyisakan endapan lumpur setebal sekitar 5 centimeter di seluruh ruangan kelas.

Kondisi itu, selalu terjadi ketika musim hujan tiba. Pihak sekolah akhirnya memutuskan untuk tidak mewajibkan murid mengenakan seragam, dan mengizinkan mereka hanya mengenakan pakaian olahraga atau kaos sepantasnya. Proses belajar mengajar masih terus berjalan, meski ada sisa endapan lumpur yang belum tuntas dibersihkan.

Selain gedung sekolah, pemukiman warga sekitar juga ikut terdampak, termasuk akses jalan menuju Dusun Pasur. “Yang parah di jalan mas, tebal sekali lumpurnya, jika nggak dilewati kendaraan besar dulu, jalannya belum bisa dilewati,” ujar Ammirsyah (40), warga setempat.

Warga berharap, ada bantuan dan tindakan dari pemerintah agar banjir tahunan dari atas bukit tidak terjadi kembali.

Reporter : Arief Juli Prabowo

Editor : Irwan Maftuhi

Follow Untuk Berita Up to Date