Kecelakaan di Pantai Gemah, Sopir Bus Pariwisata Jadi Tersangka

Share this :

Tulungagung, koranmemo.com – Akhirnya Palil (48) warga Desa Banaran Wetan Kecamatan Bagor Kabupaten Nganjuk, sopir bus pariwisata yang terlibat kecelakaan beruntun di Jalur Lintas Selatan (JLS) Kecamatan Besuki ditetapkan menjadi tersangka.

“Iya, statusnya kita naikkan dari saksi menjadi tersangka,” tegas Kapolres AKBP Yong Ferrydjon melalui Kanit Lakalantas Ipda Diyon Fitriyanto, Rabu (3/1).

Dilanjutkan, meski berstatus tersangka namun pihaknya masih belum memastikan apakah akan menahannya atau tidak. Karena hingga kini, tersangka masih menjalani penyidikan.

“Penentuan ditahan atau tidak nanti akan digelar lagi, tentunya sesuai petunjuk pimpinan,” jelasnya.

Di,katakan, ada beberapa hal yang menjadikan pertimbangan tersangka ditahan atau tidak. Menurutnya, selama tersangka memiliki itikad baik, kooperatif, tidak berbelit-belit, dan tidak melarikan diri maka tersangka bisa tidak dilakukan penahanan.

“Karena sekarang masih proses penyidikan, dan rumah tersangka juga jauh ya sementara disini dulu,” terangnya.

Untuk menetapkan tersangka lanjutnya tetap berpatokan pada hasil olah TKP dengan petugas Dishub Provinsi dan Kabupaten yang menyatakan handrem dari bus tersebut tidak berfungsi, tabung minyak rem dalam keadaan kosong, dan jalur pengisian angin klakson dan rem dijadikan satu. Selain itu kita juga meminta keterangan dari sejumlah saksi dan korban.

“Tersangka akan diancam dengan pasal 310 ayat 1 UURI No 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan angkutan jalan dengan hukuman maksimal 5 tahun penjara,” pungkasnya.

Seperti yang diberitakan sebelumnya, bus pariwisata yang berisi 30 penumpang tersebut menabrak beberapa mobil dan sepeda motor di Jalur Lintas Selatan (JLS) atau tepatnya di jalan masuk area parkir wisata Pantai Gemah Kecamatan Besuki pada awal tahun kemarin. Meski tidak menimbulkan korban jiwa, namun akibat kecelakaan tersebut belasan orang dilarikan ke rumah.

Reporter: Yoppy Sandra Wijaya

Editor: Achmad Saichu

Facebook Comments
Follow Us

Leave a Reply

Be the First to Comment!

Notify of
avatar
wpDiscuz