Kebun Teh Wonosari Bantu Tingkatkan Perekonomian Warga

Malang, koranmemo.com – Perkebunan Teh Wonosari yang terletak di Desa Toyomarto, Kecamatan Singosari, Kabupaten Malang merupakan salah satu perkebunan teh yang telah sukses meningkatkan perekonomian masyarakat, tidak hanya  masyarakat desa tersebut bahkan juga desa sekitarnya.  Petani teh di sana rata-rata adalah penduduk desa sekitar yang telah bekerja di sana selama bertahun-tahun.

Sariati, salah satu pekerja lepas pemetik daun teh mengaku telah bekerja lebih dari 40 tahun di Kebun Teh Wonosari tersebut. Dia mengatakan, dengan bekerja sebagai pemetik daun teh, perekonomian keluarganya terbantu. Selain dekat dengan lokasi tempat tinggalnya tersebut, ada kendaraan yang setiap harinya menjemput para pekerja untuk menuju kebun teh.

“Sangat terbantu sekali. Apalagi kami tidak perlu keluar uang untuk menuju ke lokasi karena ada kendaraan yang antar jemput dari pihak perkebunan. Untuk jalan kaki pun sebenarnya juga tidak terlalu jauh,” ungkapnya.

Para pemetik teh, rata-rata setiap bulannya mendapat upah sebesar Rp 1,3 juta hingga Rp 1,5 juta, antara pukul 06.00 WIB sampai 16.00 WIB. Dengan rentang waktu tersebut, biasanya mereka bisa memperoleh 35 kilogram sampai 50 kilogram daun teh per hari.

Reporter : Yudha Kriswanto

Editor : Della Cahaya Praditasari

Follow Untuk Berita Up to Date