Kebakaran Hutan dan Lahan, Ini Penyebabnya

Share this :

Batu, koranmemo.com-Selain pembakaran lahan secara sengaja, cuaca kemarau disertai angin kencang juga sangat berbahaya memicu kebakaran hutan. Ketika ada aktivitas pembakaran tanpa pengawasan, kebakaran bisa meluas.

Ahmad Choirur Rochim, Kepala Seksi Kedaruratan dan Logistik BPBD Kota Batu mengatakan, sebab itu, pihaknya sejak jauh hari telah meningkatkan kewaspadaan terkait ancaman kebakaran hutan di musim kemarau. Salah satunya dengan membentuk brigade pengendalian kebakaran hutan dan lahan.

“Anggotanya terdiri dari unsur Dinas Kehutanan,BPBD, Perhutani, Kepolisian, Dinas Penanggulangan Kebakaran, BMKG (Badan Metereologi Klimatologi dan Geofisika) dan juga masyarakat,” paparnya saat dihubungi, Jumat (22/9) pagi.

Adapun, brigade ini ditempatkan di dua titik rawan kebakaran yakni lereng Gunung Panderman dan lereng Gunung Arjuno (Hutan Tahura). “Tentu, tidak hanya itu. Semua titik berpotensi rawan kebakaran diawasi. Namun dua titik tersebut memang jadi fokus perhatian lebih,” ungkapnya.

Seperti diketahui, dalam kurun waktu empat hari saja, di Kota Batu telah terjadi dua peristiwa kebakaran lahan. Kebakaran di dua lokasi berbeda pada Senin (18/9) lalu diduga penyebabnya sama yakni aktivitas pembukaan lahan pertanian dengan cara dibakar.

Reporter: Yudha Kriswanto

Editor: Achmad Saichu

Facebook Comments
Follow Us

Leave a Reply

Be the First to Comment!

Notify of
avatar
wpDiscuz