Kasus Kekerasan Perempuan dan Anak di Kabupaten Blitar Meningkat

Blitar, koranmemo.com – Jumlah kasus kekerasan dan pelecehan terhadap perempuan dan anak di Kabupaten Blitar sepanjang 2018 mengalami peningkatan dibanding tahun sebelumnya.

Kasi Perlindungan Perempuan dan Anak Dinas Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kabupaten Blitar, Iin Indiralita mengatakan, sepanjang tahun 2018 ada 102 kasus kekerasan terhadap perempuan dan anak. Jumlah itu meliputi kasus kekerasan dan pelecehan terhadap perempuan sebanyak 34 kasus, sedangkan terhadap anak sebanyak 68 kasus.

“Tahun 2018 mengalami kenaikan jika dibandingkan dengan tahun lalu, karena sepanjang tahun 2017 hanya ada 85 kasus kekerasan dan pelecehan terhadap perempuan dan anak,” kata Iin, Jumat (04/01).

Menurut dia, saat ini ratusan kasus kekerasan perempuan dan anak itu sudah terselesaikan. Diantara beberapa kejadian, kasus paling mendominasi adalah kekerasan terhadap perempuan berupa kekerasan dalam rumah tangga (KDRT). “Selain itu, kekerasan terhadap anak dan pelecehan seksual terhadap anak juga mendominasi,” ujarnya.

Iin menambahkan, dari sekian kasus tersebut ada beberapa yang dapat diselesaikan secara kekeluargaan. Namun dekikian ada yang harus melibatkan aparat penegak hukum.

“Kita sebenarnya terus berupaya mengadakan sosialisasi. Hal ini tentunya untuk mengurangi jumlah kekerasan perempuan maupun anak. Harapannya tahun ini angka kekerasan itu bisa menurun,” imbuhnya.

Reporter: Arief juli prabowo

Editor: Achmad Saichu

Follow Untuk Berita Up to Date