Kasus Caleg DPRD Kota Blitar Gelapkan Mobil Dilimpahkan ke Kejari

Blitar, koranmemo.com – Satreskrim Polres Blitar Kota melimpahkan berkas hasil penyidikan terhadap Yanuar Febrianto calon legislatif (Caleg) terkait kasus penipuan dan penggelapan mobil, ke Kejaksaan Negeri (Kejari) Blitar.

Tersangka yang juga caleg DPRD Kota Blitar Dapil Kecamatan Sukorejo dari Partai Golkar ini dilimpahkan ke kejaksaan sekitar pukul 11.00 WIB dengan diantar mobil Reserse Mobile (Resmob) Satreskrim Polres Blitar Kota.

Selain melimpahkan tersangka, polisi juga melimpahkan sejumlah barang bukti di antaranya dua unit mobil (Honda Jazz dan Grand Livina) dan sejumlah berkas lainnya.  “Setelah tahap dua berkas kami nyatakan sudah P-21,” jelas Kasi Pidum Kejari Blitar Supomo, Rabu (03/04).

Kejaksaan langsung menahan warga Kelurahan Pakunden, Kecamatan Sukorejo tersebut. Yanuar ditahan 20 hari ke depan terhitung mulai hari ini.

“Mulai hari ini kami tahan untuk 20 hari ke depan. JPU (jaksa penuntut umum) secepatnya melimpahkan kasus tersebut ke Pengadilan Negeri (PN) Blitar,” imbuhnya.

Kemudian, setelah perkara dilimpahkan pengadilan, Jaksa Penuntut Umum (JPU) tinggal menunggu jadwal penetapan sidang. Kejaksaan belum bisa memastikan kapan perkara tipu gelap itu disidangkan.

“Penentuan sidang itu majelis hakim yang menetapkan. Kami tidak tahu. Biasanya, setelah berkas kami limpahkan, pengadilan menahan tersangka 30 hari kedepan. Tapi, biasanya seminggu setelah dilimpahkan sudah ada penetapan jadwal,” beber pria berkulit putih ini.

Sebelumnya, tersangka telah ditahan di Lapas Klas II B Blitar. Dia langsung ditahan setelah polisi menetapkannya sebagai tersangka.

Reporter Arief juli prabowo

Editor Achmad Saichu

Follow Untuk Berita Up to Date