Kapolres : SIM Bukan hanya Identitas, Tapi Sebagai Tanggung Jawab Moral

Nganjuk, koranmemo.com – Masih dalam rangkaian peringatan HUT ke-72 Bhayangkara, Satlantas Polres Nganjuk mengadakan lomba ketangkasan mengemudi, baik roda dua maupun roda empat, Kamis (5/7) sore.

Pesertanya, para pemohon SIM A, B dan SIM C. Sedangkan materi ujiannya sama persis dengan uji praktik mendapatkan SIM. Bagi peserta dari pemohon SIM C, harus dapat melewati beberapa rintangan, seperti zig zag, berputar angka 8, dan lain sebagainya.

Begitu juga peserta dari pemohon SIM A dan B. Mereka harus bisa maju mundur miring, zig zag, melewati tanjakan dan parkir yang baik tanpa menyenggol rintangan.

Sebelum masuk dalam arena lomba, para peserta diberi contoh dan tata cara berkendara yang benar. “Pemenangnya selain menerima SIM yang dimohon, juga ada hadiah khusus,” ujar AKBP Dewa Nyoman Nanta Wiranta Kapolres Nganjuk.

Menurut Dewa, lomba atau uji ketangkasan ini merupakan rangkaian peringatan HUT ke-72 Bhayangkara. Tujuannya, agar para peserta atau pemohon SIM dapat melakukan ujian praktik yang baik dan benar.

“SIM bukan hanya sebagai identitas pengemudi saja, melainkan suatu bentuk tanggung jawab moral bahwa pemilik SIM sudah lulus dalam ujian dalam berkendara,” bebernya.

Dalam lomba ini ada 5 aspek penilaian, di antaranya aspek reaksi, antisipasi, konsentrasi, ketrampilan dan waktu. “Rencananya lomba ketangkasan mengemudi ini akan kami agendakan setahun sekali bertepatan dengan hari bhayangkara,” pungkas Dewa.

Reporter : Muji Hartono

Editor      : Achmad Saichu

 

 

 

Follow Untuk Berita Up to Date