Kampung Payung Ramah Anak Siap Sambut Ramadan

Sidoarjo, koranmemo.com – Kampung yang terletak di Jalan Toleran RT 3, RW 1 Desa Wedoro, Kecamatan Waru, Sidoarjo disulap menjadi “Kampung Payung Ramah Anak”.

Banyak hal positif yang dilakukan masyarakat memasuki bulan Ramadan. Salah satunya menjadikan kampung kumuh sebagai “Kampung Payung Ramah Anak”. Tujuannya, agar masyarakat muslim menjadi tenang, aman, dan nyaman dalam menjalankan ibadah puasa di bulan Ramadan.

Deyisinil Fariadi, salah satu penggagas “Kampung Payung Ramah Anak” mengatakan, Kampung Payung Ramah Anak merupakan ide ¬†dari warga setempat dalam memasuki bulan Ramadan.

Dikatakan, awalnya digagas dari adanya lahan kosong yang kumuh. Jika hujan turun, kawasan itu digenangi air. Masyarakat berinisiasi jika lahan tersebut dimanfaatkan. “Dibuat jalan tembus menggunakan paving bekas,” jelas Deyisinil Fariadi, Kamis, (10/5/2018).

Dijelaskan, paving bekas tersebut didapat saat ada pembangunan jalan paving di tahun lalu. ¬†“Nah, paving yang lama itu sengaja dikumpulkan dan dipasang kembali dilahan yang kosong ini. Sehingga lahan yang sebelumnya tanah gersang ini tidak muncul debu,” tambahnya.

Untuk memunculkan suasana “adhem”, warga meyepakati dengan memasang payung bekas di sepanjang jalan tersebut. “Payung bekas itu dikumpulkan dari swadaya masyarakat setempat mas,” tuturnya.

Kawasan tersebut saat ini menjadi multifungsi, sebagian warga memanfaatkan dengan menanam TOGA (Tanaman Obat Keluarga).

Follow Untuk Berita Up to Date